Berita Ponorogo

Kronologi Warga Ponorogo Tewas di Sumur Diduga akibat Hirup Gas Beracun saat Perbaiki Pompa Air

Seorang warga Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, bernama Sukarlan (50), ditemukan tewas di dalam sumur di areal persawahan.

Kronologi Warga Ponorogo Tewas di Sumur Diduga akibat Hirup Gas Beracun saat Perbaiki Pompa Air
foto:bpbd ponorogo untuk surya.co.id
Tim gabungan berusaha mengevakuasi korban dari dalam sumur. 

SURYA.co.id|MADIUN - Seorang warga Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, bernama Sukarlan (50), ditemukan tewas di dalam sumur di areal persawahan Desa Kradenan, Sabtu (28/12) sekitar pukul 23.38 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, ketika dikonfirmasi, Minggu (29/12/2019) membenarkan. Pria yang akrab disapa Budi ini menuturkan, diduga korban tewas lantaran menghirup gas beracun di dalam sumur.

"Tadi malam, sekitar pukul 23.38 WIB tim mendapatkan laporan terjadi kecelakaan sumur di persawahan Desa Kradenan, Kecamatan Jetis , pada pukul 23.05 WIB," katanya.

Budi mengatakan, saat itu Sukarlan bersama seorang rekannya turun memperbaiki pompa diesel yang sehari-hari digunakan untuk mengairi sawah. Namun, diduga korban tidak menyadari terdapat gas beracun di dalam sumur.

"Rekan korban yang ikut masuk ke sumur sempat tertolong, namun Sukarlan sudah tidak sadarkan diri dan akhirnya meninggal dunia, katanya.

Dia menjelaskan, proses evakuasi oleh tim gabungan, TRC PB BPBD Ponorogo, Basarnas Pos SAR Trenggalek, Polsek Jetis, Polres Ponorogo, Koramil Jetis, TREP dan RAPI dimulai pukul 00.45 WIB .

"Kami memang ada kendala, di antaranya arak yang cukup jauh , kondisi malam, penerangan kurang memadai, serta pekatnya gas beracun dari dalam sumur, sehingga butuh blower untuk pengurai gas dari dalam sumur," jelasnya.

Akhirnya sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, korban tadi berhasil dievakuasi.
Jenazah korban kemudian diserahkan ke keluarga dan dimakamkan di pemakaman setempat. (rbp)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved