Berita Kediri

Pembebasan Lahan untuk Pembangunan Bandara Kediri Sisa 7,4 Hektare, Pemkab Optimistis Tepat Waktu

Pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri tinggal tersisa 7,4 hektare

Istimewa
Desain Bandara Kediri yang akan grounbreaking pada awal 2020. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Rencana ground breaking pembangunan Bandara Kediri tampaknya bakal sesuai jadwal. Karena dari total luas lahan 450 hektare yang masih belum dibebaskan tinggal tersisa 7,4 hektare.

Ketua Tim Pertimbangan Percepatan Pembangunan (TP3) Kabupaten Kediri, Ir Sutrisno, mengatakan lokasi yang masih belum dibebaskan meliputi lahan perkampungan dan rumah penduduk.

"Karena lahan permukiman pembebasan tidak mudah," jelasnya.

Jika dipersentase, luas lahan yang masih belum dibebaskan hanya tinggal sedikit, sehingga rencana pembangunan bandara dapat dilakukan sesuai dengan jadwal.

Bulan Oktober lalu, lahan terdampak pembangunan Bandara Kediri yang masih belum dibebaskan luasnya masih 18,5 hektare.

Sebelumnya Djoko Sasono, Sekjen Kemenhub RI mengungkapkan, rencana ground breaking pembangunan Bandara Kediri diperkirakan bakal dilakukan pada bulan Maret 2020.

Saat ini pihak yang membangun Bandara Kediri masih menyelesaikan pengurusan perizinan yang sudah masuk tahap finalisasi.

Diberitakan sebelumnya, PT Surya Dhoho Investama (SDI) anak perusahaan PT GG Tbk bakal membangun Bandara Kediri.

Saat ini proses perizinannya tengah diselesaikan.

Sementara menyambut pembangunan Bandara Kediri, melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-10.0T.01.03 tahun 2019 yang ditetapkan tanggal 24 Oktober 2019, Kantor Imigrasi Kediri mendapatkan peningkatan status menjadi Kantor Imigrasi Kelas II.

Peningkatan kelas juga seiring dengan proses pembangunan kantor baru yang berlokasi di Jl Jawa, Desa/Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri.

Lokasi Kantor Imigrasi ini tidak jauh dari lokasi Bandara Kediri yang tersebar di 4 desa di Kecamatan Banyakan, Grogol dan Tarokan. Peresmian Kantor Imigrasi rencananya dilakukan Januari 2020.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved