Gerhana Matahari Cincin

Nobar Fenomena Gerhana Matahari Cincin di Masjid Al-Akbar: Antara Wisata Religi, Edukasi, dan Ibadah

Pengunjung pengamatan fenomena gerhana matahari cincin salat berjemaah di Masjid Nasional Al - Akbar Kota Surabaya, Kamis (26/12/2019).

surya.co.id/zainal arif
Sejumlah pengunjung Masjid Al-Akbar Surabaya persiapan mengamati fenomena gerhana matahari cincin, Kamis 926/12/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Kegiatan pengamatan fenomena gerhana matahari cincin di Masjid Nasional Al - Akbar Kota Surabaya memberikan beberapa pengaruh positif untuk pengunjung, Kamis (26/12/2019).

Pendapat itu diungkapkan Wakil Ketua Pemimpin Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdatul Ulama Jatim Syamsul Ma'arif selaku pihak penyelanggara.

"Tiga hal yang menjadi tujuan diadakan agenda nobar gerhana matahari cincin untuk pengunjung ini, pertama untuk Wisata Religi, kedua untuk edukasi, dan yang ketiga untuk Ibadah," kata Syamsul Ma'arif.

Wisata Religi  karena musim libur sekolah menjadikan waktu yang tepat dimana banyak antusias dari ribuan pengunjung datang.

"Hari ini masih merupakan masa liburan, sehingga keluarga maupun anak-anak dapat menjadikan tempat ini sebagai wisata religi untuk pengunjung yang hadir," ujar Syamsul

Dalam perspektif Islam, adanya fenomena gerhana sebagai bentuk cara Allah SWT menunjukkan kekuasan-Nya kepada umat manusia.

Melalui gerhana ini Samsul berharap agar pengunjung yang hadir hendaknya bertaubat dan mengingat kepada-Nya, sehingga dapat kembali menyadari betapa kuasanya Allah SWT berkehendak atas apa yang terjadi di bumi dan kehidupan ini.

Termasuk peringatan yang mendatangkan musibah, meski demikian gerhana bukanlah suatu bentuk musibah, namun Rasulullah memerintahkan agar umatnya segera bertaubat dan berdzikir.

Sedang Edukasi, dengan pengamatan ini diharapkan pengunjung mampu memahami bahwa Gerhana Matahari Cincin merupakan keadaan di mana bulan berada di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukurannya lebih kecil dari matahari.

Kondisi ini membuat bulan hanya menutupi bagian tengah matahari sementara pinggiran matahari tetap bersinar dan tampak menerupai cincin dari jauh.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved