Berita Banyuwangi

Pantau Malam Natal, Forkopimda Banyuwangi Motoran Keliling Gereja

Dengan semangat Natal, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak seluruh umat bersama menjaga kerukunan dan senantiasa memajukan daerah.

Pantau Malam Natal, Forkopimda Banyuwangi Motoran Keliling Gereja
SURYA.co.id/Haorrahman
Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko beserta seluruh Forkopimda Banyuwangi memantau keamanan malam Natal berkeliling ke beberapa gereja di Kota Banyuwangi dengan mengendarai sepeda motor. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Seusai pelaksanaan apel kesiapan hari Natal di halaman Mapolresta Banyuwangi, Selasa malam (24/12/2019), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi memantau keamanan malam Natal.

Mereka berkeliling ke beberapa gereja di Kota Banyuwangi dengan mengendarai sepeda motor.

Tampak mengendarai sepeda motor operasional polisi di antaranya Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko, Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal dan Wakil DPRD Kabupaten Banyuwangi Michael Edi Hariyanto.

Iring-iringan tersebut pertama kali singgah ke Gereja Bethesda di Kelurahan Karangrejo. Lalu, bergeser di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di bilangan Letkol Istiqlah. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan di Gereja Maria Ratu Damai di jalan Jaksa Agung Suprapto.

Selama pemantauan tersebut, menurut Wabup Yusuf Widyatmoko, hampir semua misa Natal di Banyuwangi berjalan lancar dan kondusif.

"Umat Kristen tenang menjalankan ibadah. Kami semua hadir di sini turut memastikan agar mereka beribadah dengan tenang dan damai. Kebersamaan lintas iman tetap terjaga," ungkap Yusuf.

Yusuf juga menyatakan jika kerukunan umat beragama di Banyuwangi terjaga dengan baik. Pemkab Banyuwangi memfasilitasi ruang bertemu secara reguler antar tokoh agama.

Sehingga dengan pertemuan tersebut, bisa menjadi ajang untuk menyelesaikan ataupun mengantisipasi berbagai potensi konflik yang bisa terjadi di tengah masyarakat.

"Atas jerih payah kita semua menjaga kerukunan dan toleransi inilah, Banyuwangi oleh Kementerian Agama diganjar Harmony Award," terang Yusuf.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolresta AKBP Arman Asmara. Pihak kepolisian bersama komponen masyarakat bahu membahu untuk memastikan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru di Banyuwangi berjalan aman dan damai.

"Segala potensi sekecil apapun yang bisa mengganggu keamanan dan kedamaian di Banyuwangi akan kami tindak tegas," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas secara terpisah, mengucapkan selamat hari Natal kepada segenap umat Nasrani di Kabupaten Banyuwangi.

Dengan semangat Natal, Anas mengajak seluruh umat bersama menjaga kerukunan dan senantiasa memajukan daerah.

"Dengan semangat Natal yang suci ini, mari kita bersama membangun Banyuwangi tercinta ini. Menjadikan Banyuwangi, tempat yang nyaman untuk semua. Tempat yang bersahabat untuk tumbuh kembang keberagaman bangsa Indonesia," pesan Anas.

Dalam pemantauan tersebut, selain diikuti oleh pihak kepolisian, juga diikuti oleh sejumlah kesatuan lainnya. Seperti TNI, Satpol PP, Senkom hingga Banser NU. Kesemuanya berkomitmen penuh untuk mewujudkan pelaksanaan Natal dan tahun baru berjalan aman.

Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved