Citizen Reporter

Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Siap Darling, Ajak Milenial Tanam Pohon di Kawah Ijen Banyuwangi

Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Siap Darling, Ajak Milenial Tanam Pohon di Kawah Ijen Banyuwangi

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi
Citizen Reporter/Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu
Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Siap Darling, Ajak Milenial Tanam Pohon di Kawah Ijen Banyuwangi 

SURYA.co.id - Kawasan Kawah Ijen, Banyuwangi mengalami kebakaran hebat Oktober silam.

Kebakaran itu sempat membuat Taman Wisata Kawah Ijen ditutup kurang lebih 20 hari. Dari data Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), kebakaran di Taman Wisata Alam Kawah Ijen mencapai 900 hektare.

Hal ini membuat tim Bakti Lingkungan Djarum Foundation melakukan konservasi yang akrab disebut Siap Darling.

Siap Darling atau singkatan dari Siap Sadar Lingkungan merupakan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda milenial terhadap kelestarian alam dengan cara memelihara dan memperbaiki keadaan alam sekitar.

Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa yang mana dinilai akan lebih produktif dan inovatif dalam melanjutkan program ini ke depannya.

Sekitar 250 mahasiswa yang terlibat dari berbagai kampus baik di Banyuwangi maupun luar Banyuwangi berkumpul di area Paltuding, Senin (16/12/2019).

Darling Squad, sebutan untuk para peserta Siap Darling menanam total 500 pohon cemara gunung di TWA Kawah Ijen seluas 1,2 hektare.

Aksi tanggap dan peduli lingkungan ini dapat menjadi salah satu langkah untuk memulihkan kembali ekosistem flora dan fauna yang terganggu akibat kebakaran.

Tak hanya mahasiswa, bintang tamu, pejabat pemerintahan Banyuwangi, dan pihak Djarum Foundation juga turut menanam cemara pohon di area TWA Ijen.

Selain melakukan penanaman, Bakti Lingkungan Djarum Foundation juga membangun sarana prasarana di area TWA Gunung Ijen.

Acara dilanjutkan dengan talk show yang mengangkat tema Menuju Ijen Darling. Talk show ini dimoderatori traveler cantik, Abex. Ia memandu perbincangan dengan narasumber BBKSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi dan Anisa Malati.

Ketiganya berbagi banyak ilmu tentang bagaimana merawat alam agar ekosistem tetap terjaga.

“Aktivitas manusia yang kurang peduli dengan alam seperti vandalisme, membuang sampah sembarangan, dan membuang puntung rokok yang belum mati akan melukai alam. Sebaiknya, ketahuilah tujuan dari kalian mendaki, dan ciptakan rasa peduli serta sadar lingkungan terlebih dulu,” ucap Nisa sebelum acara ditutup dengan penampilan dari Barasuara.

Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu
Mahasiswa Universitas Negeri Malang
rosidaoktavia05@gmail.com

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved