Breaking News:

Berita Surabaya

Reses Komisi III DPR di Jatim: Petakan Masalah Lapas hingga Rehabilitasi Narkoba

Komisi III DPR RI tiga hari kunjungan di Jatim, khususnya Surabaya, untuk memetakan berbagai permasalahan hukum, HAM dan Keamanan.

Foto: istimewa
RESES KOMISI III DPR RI - Anggota Komisi III DPR RI Bambang DH (depan dua dari kanan) bersama rombongan di Mapolda Jatim dalam rangka Reses Komisi Masa Persidangan I Tahun 2019-2020. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi III DPR RI tiga hari melakukan kunjungan di Jatim, khususnya Surabaya, untuk memetakan berbagai permasalahan hukum, HAM dan Keamanan.

Mereka aktif berdiskusi dengan pihak terkait untuk mencari solusi.

“Sudah bukan rahasia lagi, lapas di Indonesia over kapasitas. Misalnya Medaeng dan Porong yang kapasitasnya hanya ratusan, diisi ribuan narapidana,” ujar Anggota Komisi III DPR asal Surabaya, Bambang DH, Minggu (22/12).

Untuk diketahui, sebelum reses individu, DPR menggelar reses komisi.

Komisi III yang membidangi Hukum, HAM dan Keamanan ini melakukan kegiatan pada 18-21 Desember 2019 di Jatim.

Beberapa mitra kerja yang ditemui di antaranya Kanwil Kemenkum HAM Jatim yang dihadiri Kepala Pengadilan Tinggi dan Kepala Pengadilan Negeri se-Jatim.

Hadir pula Kepala Pengadilan Agama, Kepala PTUN dan Kepala Pengadilan Militer di wilayah tersebut.

Pertemuan juga dilakukan dengan Polda Jatim, dihadiri Polres-Polres di Jatim serta Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim dan jajaran.

”Dari pertemuan dan diskusi yang terjalin dengan mitra kerja Komisi III, penegakan hukum ke depan bukan mengejar kuantitas semata. Tapi harus ada reorientasi penegakan hukum untuk mewujudkan masyarakat makin tertib dan sistem hukum yang lebih baik,” katanya.

Dicontohkan politisi PDIP ini terkait penangan kasus narkoba. Harus ada aturan jelas agar tidak semua kasus narkoba berujung pidana penjara.

Halaman
123
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved