Trenggalek-Ponorogo Kompak Memacu Potensi Wisata Selingkar Wilis

Bupati Trenggalek dan Ponorogo bertemu untuk berkoordinasi soal upaya memacu potensi wisata di Selingkar Wilis. Bagaimana kesiapan kedua daerah?

surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (kanan) dan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni saat berada di kawasan Dilem Wilis, Trenggalek, Minggu (22/12/2019). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo tengah memacu potensi wisata di selingkar wilis.

Dua kepala daerah itu bertemu di Argowisata Dilem Wilis, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Minggu (22/12/2019).

Saat ditanya wartawan, masing-masing kepala daerah menyampaikan kesiapan selingkar wilis yang akan melewati beberapa daerah di lereng Gunung Wilis.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, salah satu objek wisata yang akan dikembangkan untuk menyambut selingkar wilis adalah Argowisata Dilem Wilis.

Tempat yang dikenal sebagai pabrik pengolahan dan perkebunan kopi robusta era Belanda itu rencananya akan dikembangkan fasilitasnya.

"Kalau sekarang kita masih fokus di kopi, tapi nanti akan digabungkan dengan peternakan. Jadi platform pariwisatanya nanti pilihannya bisa banyak," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Di Dilem Wilis, Kabupaten Trenggalek tengah mengembangkan peternakan susu perah. Tempat itu nantinya juga akan dijadikan sarana edukasi wisata peternakan, selain pertanian dan pengolahan kopi.

Pemkab kini tengah mencari mitra pengelola kawasan Dilem Wilis dari pihak swasta. Dengan lewat mitra, Mas Ipin berharap pengembangan kawasan itu akan lebih fokus dan maksimal.

"Untuk sementara Dilem Wilis bisa jaddi tujuan wisata kedua. Tujuan utama masih sisi selatan yang sudah siap," kata dia.

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni juga mengecek jalan selingkar wilis di wilayahnya sebelum menuju Trenggalek. Kata dia, jalan yang ia lalui itu sudah lebih baik dibanding dua tahun lalu.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved