Air Umbulan Mengalir ke Lima Daerah

Artinya, proyek Umbulan yang sudah berlangsung sejak tahun 2016 bakal segera dirasakan manfaatnya. Air dari sumber itu siap mengalir ke lima kabupaten

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Gubernur dan sejumlah pejabat saat memutar tuas roda di acara soft launching SPAM Umbulan di Porong Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Air dari sebuah pipa besar di Rumah Meter Porong PDAM, samping jalur Arteri Porong, Sidoarjo, menyembur deras ke atas, Minggu (22/12/2019) sore.

Semburan itu terjadi sesaat setelah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama anggota Watimpres Soekarwo, Pangdam V Brawijaya, Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakapolda, dan sejumlah pejabat memutar tuas roda berbentuk bulat seperti setir mobil.

Seremonial tersebut merupakan puncak acara soft launching Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, yang digelar di offtake Porong, Sidoarjo.

Artinya, proyek Umbulan yang sudah berlangsung sejak tahun 2016 bakal segera dirasakan manfaatnya. Air dari sumber itu siap mengalir ke lima kabupaten-kota. Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik.

Aliran air pun cukup besar, mencapai 4.000 liter per detik.

"Ada 1,3 juta jiwa yang bisa memanfaatkan distribusi air layak minum dari Umbulan," kata Gubernur Khofifah.

Diakui bahwa saat ini proyek itu belum semua tuntas. Dari total 93 kilometer, Pasuruan sampai Gresik, ada sekitar 1,9 kilometer di kawasan Surabaya Barat yang masih proses pipanisasi.

Gubernur memasang target, dalam tiga minggu ke depan pipanisasi itu rampung. Kemudian, air dari Umbulan bisa dirasa manfaatnya oleh masyarakat di lima wilayah tersebut.

Panjang pipa distribusi aliran air mencapai 93 kilometer ditanam di jalur tol. Membentang dari Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, hingga Gresik.

Total debit air yang didistribusikan dari Umbulan mencapai 4000 liter per detik. Untuk tahap awal, baru 1000 liter per detik yang dialirkan.

Halaman
123
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved