Kebutuhan Uang Jelang Natal dan Tahun Baru Naik, BI Siapkan Rp 1,89 Triliun untuk Malang Raya

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1,89 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Malang Raya

Kebutuhan Uang Jelang Natal dan Tahun Baru Naik, BI Siapkan Rp 1,89 Triliun untuk Malang Raya
suryamalang/rifky edgar
Rini Mustikaningsih, Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Bank Indonesia 

SURYA.co.id | MALANG - Naiknya kebutuhan akan uang logam dan uang kertas jelang natal dan tahun baru  diantisipasi oleh Bank Indonesia (BI).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1,89 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Malang Raya.

Hal itu dijelaskan oleh Rini Mustikaningsih, Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Bank Indonesia saat menggelar konferensi pers di Java Dancer, Jumat (20/12).

Dia memperkirakan, adanya peningkatan kebutuhan uang menjelang natal dan akhir tahun 2019.

"Memang kami telah memperkirakan, untuk itu telah kami siapkan. Kami harap, masyarakat lebih bijak dalam membelanjakan uangnya," ujarnya.

Jumlah uang tunai yang disiapkan itu mengalami peningkatan sebesar 19,8 persen atau Rp 313 miliar dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Khusus periode natal dan akhir tahun 2019 ini, BI memperkirakan kebutuhan uang tunai secara nasional mengalami peningkatan hingga mencapai Rp105 Triliun, meningkat 7,2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Memang ada peningkatan. Peningkatan itu terdiri dari pecahan Uang Pecahan Besar (UPB) dan Uang Pecahan Kecil (UPK) masing-masing sebesar Rp 100 Triliun dan dan Rp 4,3 Triliun," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai, BI Malang telah mempersiapkan layanan khas melalui jaringan kantor BI maupun layanan perbankan.

Layanan ini dilakukan dengan ekstensifikasi layanan penukaran melalui kas keliling dan di titik penukaran seperti di kantor cabang perbankan.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved