Berita Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi Kembangkan Destinasi Kreatif Berbasis Kopi

Wisatawan diajak melihat kebun kopi, proses pengolahan kopi dari hulu ke hilir, hingga mencecap cita rasa kopi "lanang" robusta.

Kabupaten Banyuwangi Kembangkan Destinasi Kreatif Berbasis Kopi
Foto Humas Pemkab Banyuwangi
Perkebunan kopi Malangsari Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Perkebunan kopi Malangsari Banyuwangi dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik nusantara yang diminati pasar Eropa.

Di lokasi tersebut, kini tengah dikembangkan sebuah wisata edukasi kopi.

Wisatawan diajak melihat kebun kopi, proses pengolahan kopi dari hulu ke hilir, hingga mencecap cita rasa kopi "lanang" robusta.

Kebun kopi Malangsari yang dikelola oleh PTPN XII terletak di wilayah pegunungan selatan Banyuwangi yang terkenal dengan produk ”kopi lanang”-nya.

Berada di ketinggian di atas 400 mdpl, hawa sejuk pegunungan akan mengiringi perjalanan ke kebun kopi yang berada di Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan kalibaru, Banyuwangi ini.

Memasuki kawasan kebun seluas 2.600 hektar ini, para pengunjung akan melewati jalanan pedesaan yang dipenuhi dengan panorama hamparan sawah padi.

Setelahnya, akan melintasi perkebunan karet dan kopi.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan pemkab terus berupaya mendorong perkembangan wisata di Banyuwangi.

Salah satunya berkolaborasi dengan BUMN menciptakan destinasi kreatif dengan mengoptimalkan aset yang ada.

"Bersama PTPN XII kami serius mengembangkan destinasi berbasis kopi ini. Kami menyebutnya destinasi kreatif. Karena di hamparan kebun kopi ini, pengunjung bisa menyaksikan bagaimana proses pembibitan kopi yang unggul, hingga memproses biji kopi menjadi bubuk kopi premium. Tidak hanya sekadar menghasilkan produk mentah, tapi juga mampu melakukan hilirisasi yang menghasilkan produk bernilai tambah tinggi," kata Anas, Jumat (20/12/2019).

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved