Berita Kampus Surabaya

Mahasiswa Universitas Ciputra Presentasi Penelitian tentang Bakso di Nepal, begini Hasilnya

Mahasiswa semester 3 Universitas Ciputra mendapat kesempatan presentasi hasil akhir penilitian di hotel Pokhara Grande Nepal.

Mahasiswa Universitas Ciputra Presentasi Penelitian tentang Bakso di Nepal, begini Hasilnya
foto: UC untuk surya.co.id
Tiga mahasiswa UC saat berfoto bersama di Hotel Pokhara Grande Nepal pada November lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Mahasiswa semester 3 Universitas Ciputra mendapat kesempatan presentasi hasil akhir penilitian di hotel Pokhara Grande Nepal.

Mereka memaparkan terkait korelasi antara daun kelor (Moringa oleifera) dan tepung biji Nangka (Artocarpus heterophyllus) dapat meningkatkan kualitas bakso ayam afkir (ayam petelur yang sudah tidak bertelur lagi). 

Salah satu anggota tim Christianus Jodi Yonathan yang ditemui di Laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan Universitas Ciputra, Rabu (18/12/2019)a, mengungkapkan alasan pilihannya pada bakso karen kuliner ini disukai  hampir di Indonesia.

Inovasi terus dilakukan mahasiwa Universitas Ciputra untuk kelangsungan keberadaan bakso, semua jenis modifikasi dan penemuan yang dilakukan bertujuan membuat menu baru.

Team peneliti Universitas Ciputra terdiri dari (Christianus Jodi Yonathan, Vania Aurellia Wijaya, dan Natasya Teonata) berhasil menemukan solusinya.

Substitusi tapioka dengan campuran daun kelor dan tepung biji nangka dapat meningkatkan kandungan protein, flavonoid, dan serat makanan dari bakso ayam afkir, sehingga menjadikan produk ini lebih sehat.

Mahasiswa jurusan Food Technology, Christianus Jodi Yonathan mengatakan, tepung biji nangka dapat menambah pati dan serat pangan sementara daun kelor dapat menambah flavonoid dan sebagai sumber protein.

"Bakso ini tidak disukai karena warna kehijauan dibandingkan dengan bakso asli. Karena itu, program sosialisasi untuk mengubah citra konsumen tentang makanan sehat sangat penting," tambahnya. (arifian)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved