Grahadi

Beranda Grahadi

Tingkatkan IPM di Jatim, Emil Dardak: Pemprov Tetapkan 10 Desa Prioritas Penerima PKH Plus Lansia

Pemprov Jatim terus berupaya meningkatkan kualitas bidang pendidikan, kesehatan dan income untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM)

Tingkatkan IPM di Jatim, Emil Dardak: Pemprov Tetapkan 10 Desa Prioritas Penerima PKH Plus Lansia
Humas Pemprov Jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak di Kantor KemenPAN-RB Jakarta, Selasa (17/12/2019) kemarin. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) terus berupaya meningkatkan kualitas bidang pendidikan, kesehatan dan income untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) masyarakat Jawa Timur.

Namun begitu, menurut Emil, peningkatan IPM ini tidak bisa dilakukan hanya oleh satu organisasi perangkat daerah (OPD) saja, melainkan harus dilakukan dilakukan secara kolektif.

Salah satu contoh dalam menangani kemiskinan, mantan Bupati Trenggalek ini menjelaskan dibutuhkan sinergitas tiga OPD sekaligus.

Mulai dari intervensi dari Dinas Sosial, lalu pembinaan ekonomi oleh Dinas Koperasi dan UKM, kemudian dalam mendorong ketersediaan barang yang terjangkau di tempat-tempat yang rawan fluktuatif harga oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Hal-hal seperti inilah yang perlu ada konsistensi peran-peran lintas OPD untuk mencapai peningkatan IPM,” ucap Emil di hadapan Sekretaris Deputi Bidang RB, Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Didid Noordiatmoko di Kantor KemenPAN-RB Jakarta, Selasa (17/12/2019) kemarin.

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, salah satu program yang dilakukan untuk meningkatkan IPM yaitu melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Plus yang menyasar 50 ribu lansia di Jatim

“Ibu Gubernur telah menetapkan 10 desa prioritas. 10 desa tersebut untuk penerima PKH Plus Lansia yang jumlahnya sekitar 50 ribu penerima. Seperti di Bojonegoro, Kediri, Malang, Jember, Lamongan, Bangkalan, Tuban, Probolinggo, Sampang dan Sumenep,” ujar Emil.

Muluskan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Pemprov Jatim Terapkan 8 Area Perubahan

Lebih lanjut disampaikannya, PKH Plus bertujuan untuk membantu penguatan secara fokus pada lansia pra sejahtera. Karena itu, program tersebut akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2020.

“Jadi PKH Plus ini bagian dari strategi 3S,  yakni disebut suplemen, sinergi dan sinkronisasi,” imbuhnya. 

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved