Breaking News:

Citizen Reporter

Seminar Nasional Milenial Anti Hoax Bareng Mafindo dan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Seminar Nasional Milenial Anti Hoax Bareng Mafindo dan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi
Citizen Reporter/Nia Ifatul Mufidah
Seminar Nasional Milenial Anti Hoax Bareng Mafindo dan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura 

SURYA.co.id - Dalam kehidupan yang serba digital tidak jarang ditemukan perilaku menyimpang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi.

Sering munculnya bentuk kejahatan umum yang berbasis pada kejahatan verbal murni, seperti berita palsu atau berita hoax.

Berita itu dengan mudah tersebar di media sosial di berbagai kalangan.

Unit Kegiatan Mahasiswa Gerakan Pramuka Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menyelenggarakan Seminar Nasional Milenial Anti Hoax dengan tema Bijak Bermedia Sosial melalui Literasi Digital.

Seminar dilaksanakan Sabtu (2/11/2019) di Aula RKB-B UTM. Peserta berjumlah 150 orang yang datang dari berbagai latar belakang, seperti pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Wafiyudin Syahri Mubarok selaku ketua reka kerja mengatakan, seminar nasional itu merupakan program kerja racana yang bertujuan agar peserta seminar dapat menjadi pegiat media sosial dan media online yang baik, bijak, dan cerdas, dapat melawan dan memerangi berita hoax dengan mencerdaskan penggunanya.

“Diharapkan mereka juga tidak mudah terprovokasi dan menimbulkan kegelisahan tersendiri di tengah masyakarat,” tutur Wafiyudin.

Pemateri Rovien Aryuna selaku Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengingatkan, hoax semakin hari semakin kreatif.

Cara mengatasinya dengan see, talk,observe, prevent-publish (STOP).

“Hoax lebih cepat dari kecepatan cahaya. Masyarakat harus lebih kritis dan lebih bijak dalam bermedia sosial. Bila menemukan berita hoax bisa di cek HBT (Hoax Buster Tools) aplikasi tersedia di Google Play,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved