Breaking News:

Berita Surabaya

Pelamar Formasi Guru di CPNS Pemprov Jatim Ini Paling Ketat, Paling Longgar Dokter Spesialis

Rekrutmen CPNS Pemprov Jatim tahun ini yang memiliki peminat paling sedikit masih diduduki oleh formasi dokter spesialis.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jatim, Anom Surahno. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, Anom Surahno menyebut bahwa formasi ahli pertama guru bahasa Inggris menjadi formasi CPNS Pemprov Jatim yang memiliki tingkat keketatan paling tinggi.

Merujuk pada hasil seleksi administrasi tahap pertama yang diumumkan hari ini, Senin (6/12/2019), ada sebanyak 5.248 pelamar yang dinyatan lulus seleksi administrasi. Sedangkan formasi yang disediakan tahun ini hanya 85 formasi saja.

"Yang tertinggi keketatannya formasi guru. Di urutan pertama keketatannya adalah pelamar formasi guru bahasa Inggris. Yang kedua juga masih guru, yaitu guru matematika. Kemudian di posisi ketiga juga guru, yaitu guru ekonomi," kata Anom.

Untuk guru matematika ada sebanyak 3.320 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat seleksi administrasi. Padahal formasi yang disediakan hanya 46 saja. Sedangkan untuk guru ekonomi ada sebanyak 3.189 pelamar untuk 41 formasi.

Yang juga memiliki keketatan tinggi adalah pelamar untuk instruktur 2.911 untuk 11 formasi dan juga pelamar guru agama Islam, ada sebanyak 2.353 pelamar untuk 206 formasi.

Di sisi lain, Anom menyebutkan bahwa untuk rekrutmen CPNS tahun ini yang memiliki peminat paling sedikit masih diduduki oleh formasi dokter spesialis.

Untuk dokter spesialis yang dibuka dua formasi hanya ada satu pelamar saja dan dinyatakan memenuhi syarat. Selain itu juga untuk formasi dokter kulit dan kelamin dari 1 formasi yang dibuka hanya ada satu pelamar.

Kasus serupa juga terjadi untuk pelamar formasi dokter spesialis bedah syaraf, dokter spesialis patologi anatomi serta dokter spesialis urologi. Masing-masing formasi tersebut dibuka 2 formasi dan hanya ada dua pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat.

"Meskipun di formasi ini keketatannya akan rendah, namun bukan berarti yang melamar akan tetap diterima. Mereka tetap harus memenuhi passing grade, kalau tidak lolos passing grade ya nggak lulus meski tidak ada saingan," tegas Anom.

Sebagaimana dalam PermenPAN-RB Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 disebutkan bahwa dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 terdiri atas tiga macam tes.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved