UMKM Inspiratif

Dari Tukang Las, Pitono Sukses Jadi Pengusaha Sepatu

Ia nekad memulai produksi sepatu dengan modal Rp 5.000.000. Kini pengusaha sepatu Phyton ini pun mulai merasakan hasilnya.

Dari Tukang Las, Pitono Sukses Jadi Pengusaha Sepatu
surabaya.tribunnews.com/erwin wicaksono
Owner sepatu kulit "Phyton", Pitono menunjukkan salah satu produk sepatu boot di tokonya di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang  

SURYA.co.id | MALANG - Mengawali karir sebagai sales toko sepatu, mengantarkan Pitono menjadi produsen sepatu dengan merek Phyton.

Sepatu produksi Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang itu kini merambah pasar nasional.

Ditemui reporter Surya.co.id, Pitono mengatakan bahwa dirinya lulus dari Sekolah Teknik Menengah (STM) tahun 2006.

Setelah itu, Pitono merantau ke Surabaya bekerja sebagai tukang las karoseri.

Di sela rutinitasnya, Pitono mengisi waktu luangnya dengan berjualan sepatu.

"Lama kelamaan saya tertarik ingin belajar buat sepatu dan akhirnya bisa belajar membuat sepatu di salah satu tempat kursus di Sidoarjo," ujar Pitono ketika ditemui di tempat produksi sepatu miliknya, di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Ia nekad memulai produksi sepatu dengan modal Rp 5.000.000. Setelah beberapa waktu, ia memindahkan tempat produksinya dari Surabaya ke tempat asalnya di Kabupaten Malang. Ia mulai melengkapi kebutuhan peralatan produksi hingga menghabiskan dana sekitar Rp 40 juta.

Dengan peralatan yang lebih lengkap, Pitono memproduksi aneka jenis sepatu kulit, mulai dari jenis sepatu pantofel, sandal, sepatu boot hingga tas. "Produk yang paling laku di pasaran adalah sepatu boots atau sepatu safety," kata Pitono.

Harga sepatu yang dijual Pitono cukup terjangkau, mulai harga 40 ribu, 100 ribu, 150 ribu hingga 300 ribu.

"Sebulan kami bisa menjual 750 pasang hingga 1.000 pasang sepatu. Relatif rata-rata laba kotor sekitar 80 juta perbulan," ujar ayah dua anak itu.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved