Berita Surabaya

7 Asosisasi Dapatkan Hak Suara untuk Pilih Ketua Kadin Jatim Baru di Musprov ke-7

Tujuh Asosisasi Dapatkan Hak Suara Untuk Pilih Ketua Kadin Jatim Baru di Musprov ke 7

7 Asosisasi Dapatkan Hak Suara untuk Pilih Ketua Kadin Jatim Baru di Musprov ke-7
sri handi lestari/surya
Gatut Prasetiyo (kiri) Anggota Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim, bersama Dedi Suhajadi dan Erlangga Satriagung, saat konvensi asosiasi jelang Musprov Kadin Jatim ke 7 di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Jumat (13/12/2010) malam lalu telah menggelar konvensi Asosiasi menjelang agenda Musyawarah Provinsi (Musprov) Kadin Jatim yang akan digelar 18-20 Desember mendatang.

Konvensi Asosiasi tersebut dilakukan untuk menentukan hak suara asosiasi pengusaha dibawah Kadin Jatim yang bisa digunakan saat pemilihan Ketua Umum Kadin Jatim untuk periode 2019-2024 mendatang.

Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Jatim, Gatut Prasetiyo, mengatakan hasil konvensi asosiasi mendapatkan tujuh asosiasi yang diputuskan mendapat hak suara.

"Tujuh asosiasi tersebut adalah Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo), Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud), Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)," jelas Gatut.

Dalam pelaksanaan konvensi, ada 35 asosiasi yang hadir.

Selanjutnya mereka dikelompokkan menjadi tujuh kelompok sesuai dengan bidangnya, di antaranya asosiasi konstruksi, asosiasi kepelabuhanan, asosiasi pengusaha dan asosiasi aspirasi.

Dalam setiap kelompok berhak menentukan siapa yang akan menjadi wakil mereka dalam Musprov ke-7 Kadin Jatim.

Menurut Gatut, ada beberapa kriteria yang dijadikan pertimbangan dalam menentukan asosiasi apa yang layak menjadi wakil.

Pertama terkait dengan ketertiban dan ketaatan anggota dalam keorganisasian, mulai dari ketertiban dalam membayar iuran hingga keaktifan dalam setiap kegiatan.

Kedua adalah kuantitas atau jumlah anggota, asosiasi yang memiliki jumlah anggota banyak besar kemungkinan akan dipilih menjadi wakil.

“Kenapa tujuh karena dalam AD ART aturannya seperti itu, diambil 20 persen dari total jumlah asosiasi yang ada,” lanjutnya.

Selain tujuh perwakilan asosiasi, yang juga memiliki hak suara adalah seluruh Kadin kabupaten dan kota.

Setiap Kadin kabupaten kota memiliki tiga suara, Satu suara untuk Ketua Kadin Kabupaten/ kota (ex officio) dan dua suara untuk dewan pengurus yang dipilih oleh Kadin Kabupaten Kota.

“Jadi kalau nanti kalau ada voting, maka yang diperebutkan sebanyak 121 suara,” tandas Gatut.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved