Grahadi

Beranda Grahadi

Targetkan 2023 Jatim Bebas Katarak, Puluhan Warga Miskin Jombang Dioperasi Katarak Gratis di HKSN

Program operasi mata katarak gratis ini merupakan bakti sosial yang dilakukan Armada II bekerja sama dengan Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim.

Targetkan 2023 Jatim Bebas Katarak, Puluhan Warga Miskin Jombang Dioperasi Katarak Gratis di HKSN
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyapa masyarakat Jombang yang akan melakukan operasi mata katarak di RSUD Jombang, Sabtu (14/12/2019). 

SURYA.co.id | JOMBANG - Garyati (76) tergugu saat disambangi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Jombang Mundjidah Wahab sebelum dioperasi katarak di RSUD Jombang, Sabtu (14/12/2019) siang.

Garyati adalah warga desa Bungkil Megaluh Jombang yang sudah dua tahun menderita katarak di mata kanannya. Selama ini ia sudah ingin dioperasi namun masih terkendala masalah biaya operasi yang tinggi.

"Saya sudah menunggu dua tahun lebih. Pertama karena tak ada biaya, kedua sempat mau operasi gratis tapi tidak boleh anak saya. Alhamdulillah ada kesempatan lagi, sehingga saya langsung ikut program gratis ini," katanya.

Lantaran tak kuasa menahan kegembiraan dan harunya ia memeluk Gubernur Khofifah. Ia secara langsung mengucapkan terima kasihnya pada gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut.

Menurutnya kesempatan ini tergolong langka karena ia bisa langsung berbicang langsung dengan gubernur yang ia akui sebagai idolanya tersebut.

"Terima kasih ya bu, saya sangat ingin mata saya sembuh," kata wanita yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh tani ini.

Lebih lanjut program operasi mata katarak gratis ini merupakan bakti sosial yang dilakukan Armada II bekerja sama dengan Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim.

Program bakti sosial ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Armada dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang hari ini dipusatkan di Kabupaten Jombang.

Total ada sebanyak 50 orang warga Kabupaten Jombang yang mendapatkan program operasi katarak gratis ini selama tiga hari ke depan.

Selain itu program serupa juga dilakukan di Kabupaten Gresik lengkap dengan operasi bibir sumbing.

"Penderita katarak di Jombang masih tinggi. Kami bersyukur Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional diselenggarakan di Jombang membawa berkah. Banyak masyarakat yang masih membutuhkan operasi katarak," kata Bupati Jombang, Mundjidah Wahab.

Karenanya ia berharap agar ke depan program semacam ini dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga, dalam tempo bertahap bisa teratasi masyarakat yang membutuhkan bantuan operasi katarak gratis dapat terbantu.

Sementara itu Gubernur Khofifah menyampaikan,angka katarak Jawa Timur masih tinggi. Bahkan di atas rata-rata nasional. Jika angka katarak nasional 3 persen sedangkan Jawa Timur 4,3 persen.

"Sebesar 80 persen angka kebutaan jatim penyebabnya katarak. Maka langkah preventif ini penting untuk terus menyisir bersama Komisi Mata Daerah, kita berharap 2023 Jatim bisa bebas katarak," tandas Khofifah.

Ia juga menyampaikan pada Armada II yang telah menyiapkan program ini. Sinergitas ini akan menjadi penguatan untuk menjadikan Jawa Timur bebas katarak di tahun 2023.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved