Berita Gresik

Sambut Hari AIDS se-Dunia, RSUD Ibnu Sina Edukasi Bahayanya Seks Bebas yang Sasar Pelajar di Gresik

Jumlah ODHA di Kabupaten Gresik mencapai seribu orang. Tetapi, ada yang sudah meninggal. Tercatat ada 370 ODHA yang rutin mengambil obat ARV

Sambut Hari AIDS se-Dunia, RSUD Ibnu Sina Edukasi Bahayanya Seks Bebas yang Sasar Pelajar di Gresik
SURYA.co.id/Willy Abraham
RSUD Ibnu Sina gelar edukasi seks bebas kepada para pelajar dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia, Sabtu (14/12/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK – Pelajar di Kabupaten Gresik terus mendapat edukasi kesehatan penanggulangan HIV/Aids. Para pelajar yang kebanyakan perempuan itu dihadirkan untuk mendapatkan pengetahuan penyebaran virus tersebut melalui seks bebas.

Gaya pacaran kelewat batas sehingga berujung seks bebas menjadikan 30 remaja masuk dalam penderita baru.

Selama 2019, ada 95 penderita baru di Kabupaten Gresik. Hal ini sungguh miris, mengingat julukan Kabupaten Gresik sebagai Kota Santri.

Sejumlah 30 remaja yang menjadi Orang Dengan HIV/Aids (ODHA) di tahun 2019 ini jika dikalkulasikan dalam satu tahun, maka perbulan ada 2 sampai 3 remaja menjadi penderita baru.

"Selain seks bebas, bergonta ganti pasangan, alat narkoba yang digunakan bergantian juga cepat menyebarkan virus HIV/Aids," ujar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Wind Faidati Sp.KK dalam Dialog interaktif yang diselenggarakan RSUD Ibnu Sina memperingati Hari Aids Sedunia di salah satu mall di Gresik, Sabtu (14/12/2019).

Tercatat, di RSUD Ibnu Sina para penderita HIV/Aids itu tidak hanya menyerang mereka yang melakukan seks bebas. Namun, para penderita itu juga terjangkit karena seks sesama jenis.

"Seks sesama jenis juga ada datanya bahkan meningkat," ucapnya.

Para pelajar tersebut juga mendengar langsung dari para penderita HIV/Aids yang sengaja dihadirkan.

Salah satunya, lelaki berusia 29 tahun. Dia menceritakan awal mula terserang virus yang tidak ada obatnya itu.

Kekebalan tubuhnya diserang, sehingga daya tahan tubuhnya menurun. Mulai, dari terserang demam, sariawan dan diare. Saat itu usianya masih 25 tahun.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved