Tips Aman Saat Terjadi Angin Kencang dan Puting Beliung

Warga sebaiknya tak berkendara saat angin kencang dan hujan deras. Jika terlanjur sudah berada di jalan atau mengemudi bagaimana? ini tipsnya

Tips Aman Saat Terjadi Angin Kencang dan Puting Beliung
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Pohon tumbang di Jl Teuku Umar, kabupaten Jember, melintang di jalan dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. 

SURYA.co.id | JEMBER - Sebuah mobil tertimpa pohon ambruk saat angin kencang melanda di Kabupaten Jember, Jumat (13/12/2019) sore.

Mobil merah bernomor polisi P 1333 QQ itu tertimpa pohon yang ambruk saat melaju di Jl Letjen Panjaitan Kecamatan Sumbersari. Mobil itu melaju ketika angin kencang, dan hujan deras melanda kawasan tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pengemudi mobil itu, Aning, warga Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates mengalami luka.

"Mobil tertimpa pohon saat pengemudinya melaju di jalan tersebut," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widadgo kepada Surya.

Pohon yang roboh di Jl Letjen Panjaitan itu berada di dekat gudang barang bukti Satlantas Polres Jember, yang berdekatan dengan rumah dinas Kapolres Jember. Mobil melaju di lajut utara. Akibat ambrukan pohon itu, laju mobil berhenti di depan pagar RRI Jember.

Lalu bagaimana berkendara aman saat angin kencang, dan hujan deras melanda?

Heru menyarankan kepada warga sebaiknya tidak berkendara saat angin kencang, dan hujan deras. Jika terlanjur sudah berada di jalan atau mengemudi, kemudian ada angin kencang, sebaiknya menepi.

"Kalau ternyata ada angin kencang saat mengemudi, sebaiknya berhenti dan menepi. Pengemudi keluar atau turun dari kendaraan, dan mencari lokasi aman. Sebaiknya mencari bangunan terdekat yang aman dari rerobohan pohon, atau bangunannya kuat," ujar Heru.

Heru tidak menyarankan saat hujan deras, dan angin kencang, pengemudi malah melaju kencang. Karena hal itu berpotensi membahayakan pengemudi. Belum lagi, jika tiba-tiba ada pohon tumbang ke jalan.

BPBD Jember beberapa waktu lalu menyebarkan selebaran berisi sejumlah tips aman menghindari kefatalan saat terjadi bencana.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved