Berita Surabaya

Pakde Karwo Jadi Watimpres Jokowi, Begini Reaksi Partai Demokrat

Partai Demokrat menegaskan pengangkatan Soekarwo (Pakde Karwo) sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tak ada hubungannya dengan partai

Kompas.com
Soekarwo 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Demokrat menegaskan pengangkatan Soekarwo (Pakde Karwo) sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tak ada hubungannya dengan partai. Demokrat menyebut penunjukan itu lebih ke arah figur pribadi Pakde Karwo sebagai profesional.

Demokrat menegaskan tak mengetahui perihal pengangkatan tersebut sebelumnya. Demokrat juga menyebut belum ada komunikasi dengan Pakde Karwo yang juga mantan Ketua DPD Demokrat Jatim tersebut.

"Penugasan dan amanah yang diberikan oleh Presiden sifatnya sangat pribadi, antara presiden dan Pakde Karwo, tidak ada korelasi dengan partai. Hal itu sepenuhnya antara Pak Jokowi dengan Pakde Karwo," kata Ketua DPP Demokrat, Didik Mukrianto Kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (13/12/2019).

Meskipun juga pernah menjabat Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Pakde Karwo memang mundur dari partai sejak Mei lalu.

Jabatan Pakde Karwo sebagai Komisaris Utama Semen Indonesia mengharuskannya lepas dari jabatan politik.

Untuk menggantikan Pakde Karwo di DPD Demokrat Jatim, DPP telah menunjuk Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim.

Renville Antonio yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPD Demokrat Jatim didampingi oleh Bayu Airlangga (menantu Pakde Karwo) yang kini menjabat Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim.

Oleh karenanya, Demokrat menegaskan kini tak memiliki ikatan dengan Pakde Karwo yang juga mantan Gubernur Jatim dua periode tersebut.

Apalagi, sampai menugaskan Pakde Karwo sebagai penghubung antara Jokowi dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Demokrat.

"Partai Demokrat adalah Partai Politik yang Independen dan punya gaya dan cara berkomunikasi politik dengan siapapun," ujar Didik yang juga anggota DPR RI dari Dapil Jatim 9 ini.

Apalagi, Didik juga mengatakan bahwa komunikasi Demokrat dengan istana juga relatif tanpa hambatan.

"Tidak ada hambatan sedikitpun bagi Demokrat untuk membangun komunikasi dan relasi politik dalam melakukan kerja-kerja politik," tegas Didik.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Soekarwo atau biasa dikenal Pakde Karwo sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024.

Ia bersama anggota Wantimpres lain dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat (13/12/2019).

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved