Berita Gresik

Air Sungai Bengawan Solo Jadi Berwarna Hitam Karena Diduga Tercemar Limbah, Begini Respon DLH Gresik

Sungai Bengawan Solo di Gresik diduga tercemar limbah dan berwarna hitam. Limbah itu diduga berasal dari Jawa Tengah

Willy Abraham/TribunJatim.com
Ketua AKD Gresik, Nurul Yatim, mengambil air Sungai Bengawan Solo menggunakan botol air mineral, Kamis (12/12/2019). Air Bengawan solo berubah menjadi hitam lantaran diduga tercemar limbah 

SURYA.co.id | GRESIK - Sungai Bengawan Solo di Gresik diduga tercemar limbah dan berwarna hitam. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik membenarkan adanya dugaan pencemaran air sungai tersebut.

"Sebelumnya kami sudah menyusuri bantaran sungai Bengawan Solo di wilayah Gresik bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo," ujar kepala DLH Gresik, Mokhamad Najikh, Jum'at (13/12/2019).

Pihaknya memastikan tidak ada perusahaan di DAS (Daerah Aliran Sungai) Bengawan Solo wilayah Gresik. Pencemaran air sungai tersebut merupakan imbas dari pencemaran limbah yang terjadi di wilayah Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

"Kami sudah ambil sampel dan masih kami teliti," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Gresik, Nurul Yatim meninjau langsung sungai Bengawan Solo di Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun. Ternyata sudah beberapa hari air berwarna hitam.

Dia sudah mengambil air ke dalam botol air mineral bahwa air sungai benar-benar tercemar dan menimbulkan bau tidak sedap.

"Kami minta bagaimana pihak terkait sesegra menangani pencemaran ini," ujarnya.

Apalagi air sungai tersebut sering digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mencuci baju.

Penulis: Willy Abraham
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved