Berita Banyuwangi

Bupati Banyuwangi : Gereja Perlu Aktif Mendukung Program Pengentasan Warga Miskin

”Pemerintah daerah harus ndherek mangayubagyo, turut berbahagia, dengan datangnya hari besar semua umat beragama," kata Anas.

Bupati Banyuwangi : Gereja Perlu Aktif Mendukung Program Pengentasan Warga Miskin
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengunjungi Gereja Maria Ratu Damai ,untuk bersilaturahim dengan umat Katolik, Kamis (12/12/2019). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengunjungi Gereja Maria Ratu Damai ,untuk bersilaturahim dengan umat Katolik, Kamis (12/12/2019). 

Kunjungan ini dilakukan Anas untuk memastikan semua persiapan pelaksanaan Natal yang akan dilakukan umat Katolik berjalan lancar. Anas ditemui  langsung oleh Romo Kepala Paroki Maria Ratu Damai Bernardus Winuryanto dan pengurus gereja setempat.

”Pemerintah daerah harus ndherek mangayubagyo, turut berbahagia, dengan datangnya hari besar semua umat beragama. Bahkan, pemerintah daerah harus turut bekerja membantu mempersiapkan agar acara berjalan lancar,” ujar Anas.

”Untuk keamanan, sahabat-sahabat kepolisian tentu menjadi garda terdepan agar semuanya kondusif, dengan dibantu sahabat-sahabat TNI, Banser, dan elemen masyarakat lainnya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat kepolisian, TNI, Banser, dan sebagainya.” tambah Anas.

Anas mengatakan, pemerintah daerah ingin momen sakral umat Katolik dan Kristen seperti Natal dapat berjalan lancar. Setelah dari Gereja Katolik Maria Ratu Damai, Anas beberapa hari ke depan juga akan mengunjungi gereja umat Kristen.

”Menjelang perayaan Natal, memang sudah menjadi tradisi bagi kami mengunjungi sahabat-sahabat Katolik dan Kristen bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dipimpin KH Yamin. Saya harap peribadatan Natal berjalan baik dan lancar,” kata Anas.

Dalam kunjungan itu, suasana cair tercipta. Canda tawa muncul dengan joke-joke segar di antara Anas dan para pengurus gereja. Mereka pun sempat membincangkan sejumlah kuliner favorit, mulai bakso sampai nasi goreng, yang kerap disuguhkan saat Anas menghadiri perayaan Natal bersama di gereja tersebut.

Anas sempat mengecek bangku berbahan kayu yang biasa digunakan umat Katolik untuk beribadah. ”Oh begini ya susunan dan fungsinya,” kata Anas setelah mendapat penjelasan dari pengurus tentang keberadaan balkon di gereja tersebut.

Anas berterima kasih kepada umat Katolik yang telah bergotong-royong memajukan Banyuwangi. Kerukunan yang terjalin menjadi modal utama membangun daerah. Selama ini, setiap tiga bulan, para pemuka lintas agama selalu berkumpul untuk berdialog dengan Anas.

“Hanya dengan kerukunan itulah, Banyuwangi bisa terus tumbuh berkembang lebih maju, tentu dengan segala kekurangannya yang akan kita benahi bareng-bareng,” ujarnya. 

Ke depan, Anas ingin banyak melibatkan FKUB untuk program pelayanan sosial. ”Gereja perlu aktif mendukung program pengentasan warga miskin, anak rentan putus sekolah, dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Romo Kepala Paroki Maria Ratu Damai Bernardus Winuryanto mengapresiasi kunjungan Bupati Anas. Romo Bernardus berterima kasih atas perhatian pemerintah kepada persiapan perayaan Natal umat Katolik.

“Ini merupakan wujud nyata dukungan Bupati kepada umat Katolik supaya dapat merayakan natal dengan baik, lancar dan aman,” ujar Romo Bernardus.

Romo pun mengatakan jika kerukunan umat yang terjadi di Banyuwangi sangat kondusif. Romo juga memberikan respon positif atas keinginan Bupati untuk bersama-sama membangun daerah.

“Kami mengapresiasi program pembangunan daerah. Semoga kemajuan Banyuwangi bisa terus terjaga,” ujarnya.

Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved