Lifestyle

Begini Cara Mengembangkan Kemampuan Anak agar Memiliki Mental Kuat

Kemampuan menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemui kegagalan atau resilient pada anak perlu dikembangkan sejak dini.

Begini Cara Mengembangkan Kemampuan Anak agar Memiliki Mental Kuat
surya.co.id/sulvi soviana
Nadya Mulya ditemani Psikolog Keluarga dari Rumah Dandelion Nadya Pramesrani mencoba tes Resiliensi yang digunakan untuk mengasah ketangguhan si Kecil di Royal Lounge Nutriclub, Kamis (12/12/2019). 

SURYA.co.id |SURABAYA - Kemampuan untuk menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemui kegagalan atau resilient pada anak perlu dikembangkan sejak dini.

Nadya Pramesran, Psikolog Keluarga dari Rumah Dandelion menjelaskan penelitian dalam 50 tahun terakhir menemukan bahwa masa anak-anak usia dini ini adalah waktu yang paling tepat dalam memahami dan mengembangkan resiliensi.

"Salah satu cara mengembangkannya yaitu melalui pengalaman yang bermakna atau purposeful exposure," paparnya dalam di Royal Lounge Nutriclub di Pakuwon Mall, Kamis (12/12/2019).

Memberikan pengalaman, lanjutnya,bisa dilakukan orang tua dengan sengaja memberikan tantangan-tantangan yang sesuai dengan usia dan kapasitas anak.

Sehingga anak tahu batas dan kemampuan dirinya sampai mana, dan apa yang ia miliki untuk menghadapi masalah.

"Hal ini perlu dilakukan agar si Kecil terbiasa menghadapi tantangan dan ketidakpastian dan fokus pada cara penyelesaian yang paling efektif,"lanjutnya.

Upaya mengembangkan resilient juga dilakukan sosok ibu dan selebriti, Nadia Mulya.

Dikatakan Nadia praktek parenting atau pola asuh di masa lalu dan saat ini sangat berbeda. Banyak teknologi, cara, dan pandangan baru yang mempengaruhi kesiapan fisik dan mental anak-anak.

"Sebagai orang tua, hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah dengan mendukung persiapan dan ketangguhan fisik dan mental si Kecil. Salah satunya adalah memberikan nutrisi seimbang untuk mendukung daya tahan tubuh dan mengasah karakter resilient si Kecil agar ia siap hadapi masa depan,”paparnya.

Nutriclub melalui kegiatan Royal Lounge Nutriclub mengajak para orang tua untuk mengenal apa itu karakter resilient, pentingnya karakter tersebut, berbagi pengalaman dengan sesama orang tua, hingga sesi konsultasi secara langsung bersama para ahli.

Vega Gupta, Senior Brand Manager Nutrilon Royal menjelaskan pihaknya berkomitmen penuh untuk membantu orang tua menjadikan si Kecil resilient secara fisik dan mental.

"Pemahaman akan pentingnya karakter resilient ini sangat perlu untuk disebarkan ke banyak orang tua Indonesia. Oleh karena itu, hari ini kami menghadirkan berbagai acara edukasi kepada para orang tua di Royal Lounge Nutriclub,"paparnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi sarana pemberian stimulus bagi si Kecil untuk mengembangkan karakter resilientnya.

"Karakter resilient bukanlah sebuah bawaan dari lahir, melainkan membutuhkan peran serta orang tua untuk secara konsisten mendukung pembentukannya sejak dini dan dimulai dari lingkungan terdekat,"pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved