Breaking News:

Berita Jember

Angin Kembali Menumbangkan Pepohonan di Kabupaten Jember. Kali ini Giliran Ambulu

Sejumlah pohon tumbang dan sejumlah bangunan rusak akibat angin puting beliung, angin kencang, serta hujan deras yang melanda Jember, Rabu sore

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Eben Haezer Panca
ist
Pohon tumbang yang merusak rumah warga di Kecamatan Ambulu, Jember 

SURYA.co.id | GRESIK - Sejumlah pohon tumbang dan sejumlah bangunan rusak akibat angin puting beliung, angin kencang, serta hujan deras yang melanda Jember, Rabu (11/12/2019) sore.

Dari informasi yang dihimpun Surya, pepohonan roboh antara lain dilaporkan terjadi di Kecamatan Silo, Mumbulsari, juga Ambulu.

Di Kecamatan Ambulu, pepohonan yang roboh itu juga mengakibatkan kerusakan bangunan.

"Karena ada beberapa pohon yang roboh menimpa rumah-rumah warga. Ada angin puting beliung yang melanda Ambulu," ujar Camat Ambulu, Sutarman, kepada Surya.

Dampak angin puting beliung dan hujan deras di Kecamatan Ambulu terjadi di Desa Andongsari, dan Dusun Langon Desa Ambulu.

Dari pendataan sementara, di Desa Andongsari diketahui tiga pohon roboh. Sedangkan di Dusun Langon Desa Ambulu dilaporkan ada lima pohon roboh, dan beberapa di antaranya menimpa rumah warga.

Beberapa pohon juga dilaporkan roboh melintang di jalan. Pohon yang roboh melintang di jalan terjadi di Kecamatan Ambulu, Mumbulsari, juga Desa Sempolan Kecamatan Silo.

Pohon yang roboh dilaporkan juga terjadi di Kecamatan Patrang.

Sementara itu, angin dan hujan deras juga berdampak pada kerusakan jaringan listrik. Akibatnya pasokan listrik ke beberapa kecamatan di wilayah Jember selatan berhenti.

"Listrik masih padam sampai sekarang," imbuh Sutarman yang dihubungi Surya sekitar pukul 18.15 Wib. Menurut Sutarman, petugas gabungan masih membersihkan material pepohonan yang roboh.

Listrik padam juga terjadi di Kecamatan Tempurejo.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember langsung mendatangi lokasi setelah mendapatkan laporan dampak angin dan hujan deras.

Petugas BPBD dibantu petugas instansi terkait di masing-masing kecamatan, bersama warga setempat melakukan pembersihan. Petugas BPBD juga mendata dampak angin dan hujan tersebut.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Surabaya, hujan lebat diprediksi turun di beberapa wilayah di Jawa Timur, di antaranya di Jember pada Rabu (11/12/2019). Hujan diprediksi terjadi hingga pukul 18.00 Wib. Hujan memang turun di sejumlah wilayah di Jember secara beruntun. Hujan dimulai sejak pukul 13.30 Wib di sejumlah wilayah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved