Berita Situbondo

Alasan Kajari Situbondo Berharap Kasus Korupsi di Daerah Cukup Adili di Pengadilan Daerah Setempat

Kajari Situbodo, Nur Slamet berpendapat penanganan kasus korupsi seharusnya tidak hanya di tingkat Propinsi Jawa Timur.

Alasan Kajari Situbondo Berharap Kasus Korupsi di Daerah Cukup Adili di Pengadilan Daerah Setempat
foto: istimewa
Ilustrasi persidangan 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Kajari Situbodo, Nur Slamet berpendapat penanganan kasus korupsi seharusnya tidak hanya di tingkat Propinsi Jawa Timur, karena hal ini akan menimbulkan cost tinggi.

Nur Slamet berharap agar pimpinan di pusat dapat mempertimbangkannya, karena jika perkara di daerah dibawa ke Surabaya berbiaya besar.

"Saya berharap perkara korupsi di daerah disidangkan di pengadilan daerah setempat dengan penambahan hakim tipikornya. Insya Allah itu lebih efektif," kata Kajari Situbondo, Nur Slamet di sela Peringatan Hari Antikorupsi, Senin (9/12/2019).

Dijelaskan, untuk menyelesaikan satu perkara kasus korupsi, biaya yang dihabiskan bisa mencapai Rp 60 juta sampai perkara itu memiliki keputusan tetap atau ingkrah.

"Padahal biaya tidak ada, makanya kalau kita tidak pintar-pintar menggabung dengan Polres pelimpahannnya, baru cost-nya bisa ditangani," jelasnya.

Nur Slamet menjelaskan, perlu melihat jika kerugiannya di bawa Rp 50 juta perlu ada evaluasi.

"Makanya kasi Pidsus harus banyak koordinasi dengan Reskrim terkiat pelimpahannya dan kita barengkan ke pengadilan Tipikor Surabaya, supaya tidak ada kerugian dan semua penanganan korupsi bisa tuntas dengan baik," kata Nur Slamet.

Sedang Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, I Ketut Suarta mengungkapkan bahwa sejauh ini di PN Situbondo belum ada hakim Tipikor.

Namun, ketua Pengadilan itu sebenarnya merupakan hakim Tipikor yang dapat menanganginya.

"Baru kalau di Sidoarjo, misalnya, mungkin saya bisa. Ya makanya kita tunggu regulasi Mahkamah Agung seperti apa," kata I Ketut Suarta. 

Halaman
12
Penulis: Izi Hartono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved