Single Produk

Urus Izinnya agra Produk Legal dan Aman

Chrstine Maria, shoper yang menekuni sabun natural, kini menjajaki untuk mengurus semua produk buatannya. Tak terkecuali hak paten untuk mereknya.

Urus Izinnya agra Produk Legal dan Aman
surya.co.id/ahmad zaimul haq
SABUN BAHAN ALAMI - Berbagai jenis sabun bahan alami (natural) Puffy Bunny Soap, Christine Maria di workshopnya di kawasan Surabaya Barat. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Agar produk perawatan tubuh dan kecantikan handmade natural ini makin dipercaya konsumennya, perajin pun mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), termasuk paten merek-nya.

Langkah ini pun diambil Nuri, owner Futari, yang telah melengkapi produk soap bar buatannya.

Sementara, Chrstine Maria, shoper yang menekuni sabun natural, kini menjajaki untuk mengurus semua produk buatannya. Tak terkecuali hak paten untuk mereknya.

Untuk mendapatkan izin ini, Fauzie Mustaqiem Yos, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya menyampaikan, pelaku usaha harus mendaftar melalui laman ssw.surabaya.go.id.

"Produk perawatan tubuh dan kecantikan termasuk dalam bidang makanan. Untuk mendaftarnya bisa langsung melalui Surabaya Single Window (SSW)," tutur Fauzie, Minggu (8/12).

Namun, sebelum mendaftar harus diperhatikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Di antaranya: Data Perusahaan; KTP; Surat Keterangan domisili, Surat Permohonan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP PIRT); Surat Ijin Usaha dari instansi yang berwenang (SIUP, TDP); pas photo digital terbaru; Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan; Foto buku pembelian bahan baku dan Foto buku penjualan produk jadi.

Berkas-berkas itu yang harus disiapkan ketika ingin mendaftarkan izin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT). Ini sebagai izin atau sudah legal untuk edar suatu produk di pasaran.

"Berkas yang masuk akan diterima oleh petugas Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Surabaya secara online, kemudian akan diproses," tandas Fauzie. (ayu/fai)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved