Pengamat Sebut Era Pakde Karwo Selesai, Generasi Muda Demokrat Siap Songsong Modernisasi di Jatim

Pengamat politik dari Universitas Surabaya, Martono mengatakan potensi kader muda Demokrat bisa meningkatkan prestasi partai di masa mendatang

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Kebersamaa Renville Antonio dan Soekarwo yang sebelumnya menjabat Ketua DPD Demokrat Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengamat politik dari Universitas Surabaya, Martono mengatakan potensi kader muda Demokrat bisa meningkatkan prestasi partai di masa mendatang.

Para kader muda partai berlambang bintang mercy ini diyakini mampu mewujudkan modernisasi partai.

Penunjukkan Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim diyakini tak akan mengurangi eksistensi Demokrat di Jawa Timur. Sebaliknya, Demokrat diyakini akan semakin besar di wilayah berpenduduk lebih dari 40 juta jiwa ini.

Martono mengaku mengenal sosok Renville. Sebagai sesama praktisi asal Universitas Surabaya, Renville dikenal sebagai figur loyal dan kaya pengalaman di politik.

"Beliau merupakan figur bagus dari Ubaya, sehingga saya tahu bagaimana dia besar," kata Martono.

Satu di antaranya, soal loyalitas Renville kepada Demokrat.

"Beliau besar di lingkungan Demokrat. Saya tahu sebab saya hampir 30 tahun di partai," kata Martono yang sebelumnya merupakan Ketua Golkar Jatim ini.

Renville yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPD Demokrat Jatim dinilai telah memiliki prestasi dan kapasitas mencukupi. Posisi strategis tersebut menjadi salah satu acuannya.

"Orang bisa direkrut menjadi Sekretaris Umum seperti Renville itu menjadi prestasi luar biasa. Beliau tentu telah melalui seleksi, baik wawasan, pengetahuan dan kecintaan kepada partai," katanya.

Dari sisi personal, Renville merupakan pribadi sangat baik, memiliki kualitas keilmuan yang bagus dan soliditas sesama kader sangat tinggi.

"Seorang pemimpin harus memiliki soliditas, pengabdian dan prestasi serta dedikasi. Hal itu ada figur Renville," kata Martono.

Apalagi, DPP juga menunjuk Bayu Airlangga sebagai Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim. Kombinasi Renville dan Bayu diyakini akan membuat image Demokrat lebih muda.

Sekaligus, menunjukkan pola regenerasi Partai yang sebelumnya dipimpin Soekarwo (Gubernur Jatim dua periode) tersebut berjalan mulus.

"Saat ini, Mas Karwo sebagai pribadi sudah selesai. Waktunya minggir ya minggir. Saya kira wajar saja," katanya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved