Gantikan Pakde Karwo, DPP Tunjuk Renville Antonio Pimpin Demokrat Jatim

DPP Partai Demokrat tunjuk Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, menggantikan Soekarwo yang mundur di posisi tersebut

SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio dan Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Bayu Airlangga saat mendampingi Wakil Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono saat acara di Surabaya beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akhirnya memilih Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jawa Timur. Renville menggantikan Soekarwo yang mundur di posisi tersebut.

DPP melalui surat bertanggal 28 November tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjend DPP Demokrat, Hinca Panjaitan.

"Benar, kami sudah terima suratnya," kata Renville ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (7/12/2019).

Sebelumnya Renville merupakan Sekretaris DPD Demokrat Jatim. Oleh karenanya, selain menunjuk Renville, DPP melalui surat yang sama juga menunjuk Bayu Airlangga sebagai Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim.

Renville menjelaskan, bahwa masa jabatannya akan melanjutkan kepengurusan DPD Demokrat Jatim periode 2016-2021.

"Kami menjabat sampai Musyawarah Daerah (Musda) Demokrat Jatim. Kemungkinan besar, Musda akan dilaksanakan pasca Pilkada 2020," kata Renville.

Selama ini, Renville dikenal sebagai orang dekat Pakde Karwo (Soekarwo). Renville sebelumnya merupakan Anggota DPRD Jatim tiga periode.

Selain menjabat di struktur partai, Renville juga menjadi Sekretaris tim Pemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak pada pemilihan Gubernur Jatim 2018 lalu. Pasangan yang diusung Demokrat bersama delapan partai lain tersebut lantas memenangkan pilkada tersebut.

Selain menang di pilkada, Renville yang juga berprofesi sebagai pengacara ini ikut mengawal suara Demokrat di Jawa Timur.

Di DPRD Jatim, Demokrat sukses mendapatkan 14 kursi DPRD Jatim sekaligus berada di peringkat keempat peroleh kursi terbanyak.

Perolehan tersebut meningkat tiga kursi dibandingkan pemilu 2014 lalu. Atas hasil tersebut, Demokrat mendapatkan posisi Wakil Ketua DPRD Jatim hingga pimpinan Komisi.

Untuk diketahui, posisi Ketua DPD Demokrat Jatim telah lowong sejak Mei lalu. Mengingat, Ketua DPD Demokrat sebelumnya yang juga Gubernur jatim dua periode, Soekarwo mengundurkan diri.

Pakde Karwo mengundurkan diri dari kepartaian dengan statusnya sebagai Komisaris Utama (Komut) Semen Indonesia.

Bahkan, surat pengunduran diri Pakde Karwo telah disampaikan ke DPP pada Mei lalu atau sebelum Pakde Karwo ditunjuk sebagai Komut, 22 Mei 2019 lalu.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved