Berita Sampang

Dinkes Sampang Imbau Warga Waspadai 3 Penyakit Ini saat Musim Hujan

penyakit yang mudah timbul pada saat pancaroba antara lain, diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dinkes Sampang Imbau Warga Waspadai 3 Penyakit Ini saat Musim Hujan
surya.co.id/istimewa
Poster berisi cara mencegah terjangkitnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) 

SURYA.co.id | SAMPANG - Berada di musim transisi (Pancaroba) terdapat tiga jenis penyakit yang harus diwaspadai oleh masyarakat, khususnya Kabupaten Sampang, Madura.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sampang, Hanian Maria, mengatakan penyakit yang mudah timbul pada saat pancaroba antara lain, diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Pihaknya mengimbau masyarakat agar mewaspadainya karena pada musim pancaroba tubuh akan rentan terhadap serangan penyakit tersebut.

"Tubuh akan rentan karena dipaksa untuk menyesuaikan terhadap perubahan suhu cuaca dengan cepat," ujarnya kepada TribunMadura.com, Sabtu (7/12/2019).

Agar tidak terdampak beberapa jenis penyakit tersebut, pihaknya menganjurkan melakukan pencegahan sejak dini dengan cara menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Masyarakat harus menerapkan PHBS di luar rumah maupun di dalam rumah agar terhindar dari ketiga jenis penyakit itu," ucap Hanian Maria.

Selain itu masyarakat juga dapat menerapkan pola 3 M, menguras, menutup, dan mengubur hal tersebut sebagai pencegahan penyakit DBD.

"Agar tidak terjangkit DBD masyarakat harus memberantas nyamuk dengan cara membersihkan tempat-tempat yang akan membuat air menggenang seperti halnya kaleng bekas dengan cara 3 M," pungkasnya.

Laporan Wartawan Tribun Madura.com, Hanggara Pratama

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved