Citizen Reporter

Bazar Kampoeng Konselor, inovasi Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN Madura

Bazar Kampoeng Konselor, inovasi Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN Madura

Bazar Kampoeng Konselor, inovasi Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN Madura
Citizen Reporter/Muzayyinatul Hamidia
Bazar Kampoeng Konselor, inovasi Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN Madura 

SURYA.co.id - Selama ini proses pemberian konseling selalu dilakukan di ruangan tertutup seperti laboratorium.

Bagaimana jika kegiatan konseling dikemas dalam bentuk bazar di ruang terbuka?

Konseling secara definitif adalah pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara kepada individu yang sedang mengalami masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi.

Bazar Kampoeng Konselor adalah salah satu inovasi Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN Madura yang dilaksanakan 25-30 November 2019.

Acara berlangsung di depan gedung I Fakultas Tarbiyah.

Bazar itu bertema kompoeng konselor karena memuat makanan tradisional Madura seperti pecong, apen, nasi jagung, lontong, keripik uli, dan menu tradisional lainnya.

Selain itu, menu yang tersaji seperti bakso, piscok, jamur crispy, sate ayam, ayam pedas manis, ayam geprek, kopi, jus mangga, bahkan perlengkapan muslimah juga memenuhi ruangan bazar yang dibangun dengan anyaman bambu.

Menurut H Muhammad Jamaluddin, Kaprodi BKPI, kegiatan itu dilakukan untuk memotivasi mahasiswa dalam berwirausaha, mengenalkan, dan melestarikan makanan tradisional, serta belajar memberikan proses konseling dengan cara-cara inovatif.

Bazar Kampoeng Konselor memberikan wawasan baru kepada publik, konselor adalah ahli yang bisa memberikan bantuan terhadap kliennya dengan cara yang menyenangkan serta ekonomis.

Kegiatan itu didukung komunitas mahasiswa BKPI yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi, komunitas futsal, komunitas tari, Pusat Informasi Konseling Remaja-Akademika Konseling Remaja, komunitas al-banjari, komunitas asisten laboratorium, komunitas paduan suara, dan Komunitas Daul.

H Mohammad Kosim, Rektor IAIN Madura dan Atiqullah, Dekan Fakultas Tarbiyah datang di hari pertama.

Salah satu mahasiswa BKPI, Nur Jamilah mengatakan, bazar Kampoeng Konselor memberikan pengalaman belajar baru. Yang membuatnya senang karena dagangannya berupa sate tahu, rujak siwil, dan es.

Dengan cerdik ia melayani pesan-antar jika mahasiswa memesannya. Sri Rizqi Wahyuningrum, dosen BKPI mengatakan bazar itu merupakan kreativitas mahasiswa yang perlu diapresiasi dan dapat menunjang kreativitas belajar mereka.

Muzayyinatul Hamidia
Dosen Bahasa Inggris IAIN Madura
muzayyinatulhamidia19@gmail.com

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved