Berita Jember

Keuntungan bagi Kades di Jember yang bakal Terapkan Siskeudes di Seluruh Desa

Kabupaten Jember bakal menerapkan Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes) di seluruh desa di Kabupaten Jember.

Keuntungan bagi Kades di Jember yang bakal Terapkan Siskeudes di Seluruh Desa
surya.co.id/sri wahyunik
Bupati Jember Faida saat membuka Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa melalui Aplikasi Siskeudes versi 2.0, Jumat (6/12/2019). 

Surya.co.id | JEMBER - Kabupaten Jember bakal menerapkan Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes) di seluruh desa di Kabupaten Jember.

Hal ini ditegaskan Bupati Jember Faida saat membuka Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa melalui Aplikasi Siskeudes versi 2.0, Jumat (6/12/2019).

Untuk menerapkan Siskeudes itu, Faida meminta kepada seluruh kepala desa di Jember untuk menyiapkan operator.

Operator itu nantinya bakal mendapatkan pelatihan, bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di tahun 2020.

“Supaya kepala desa lebih rileks. Tinggal pegang gadget bisa memonitor pelaksanaan keuangannya. Akan tercairkan berapa banyak. Jika ada masalah diketahui, masalahnya di mana. Targetnya sudah berapa jauh,” ujar Bupati Faida.

Faida menegaskan, ke depan, pemantauan perkembangan pelaksanaan sistem keuangan di desa akan dilakukan secara daring atau online.

Hal itu bakal memudahkan kepala desa dalam mengelola keuangan. Sebab kepala desa merupakan penanggungjawab dalam pengelolaan keuangan desa.

Bupati Faida juga meminta Diskominfo dan BPKP bekerjasama untuk memudahkan kepala desa memonitor hanya dengan menggunakan gadget.

“Siskeudes ini diedarkan oleh pemerintah pusat. Pemkab Jember akan secepatnya mengambil langkah-langkah agar aplikasi ini bisa diakses secara daring oleh pemerintahan desa,” terangnya.

Dalam Workshop yang bertempat di Pendapa Wahyawibawagraha ini dilakukan evaluasi oleh pemerintah pusat, melalui perwakilan BPKP.

“Hari ini, kami mendapatkan umpan balik dari BPKP, sejauh mana efektifitasnya,” tegasnya.

Umpan balik ini penting, ujarnya, supaya pemerintahan desa bisa mengevaluasi pelaksanaan sistem ini secara baik.

Kegiatan workshop tersebut diikuti oleh seluruh kepala desa di Kabupaten Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved