Berita Surabaya

VIDEO - Pengakuan Sindikat Pembuat Uang Palsu di Jember yang Dua Bulan Berhasil Cetak Rp 630 Juta

Uud Zainuddin (44) pelaku pembuatan uang palsu asal Jember mengaku belajar dari tayangan Youtube.

SURYA.co.id | SURABAYA - Uud Zainuddin (44) pelaku pembuatan uang palsu asal Jember mengaku belajar dari tayangan Youtube.

Pria berambut nyaris plontos itu mengaku terinspirasi dari tayangan pengungkapan kasus sindikat pembuatan uang palsu oleh pihak kepolisian.

"Belajar di Youtube, sampean ketik aja, pengungkapan uang palsu di Bekasi ada penjelasanya," katanya pada awakmedia di Halaman Gedung Ditreskrimum Mapolda Jatim, Kamis (5/12/2019).

Mulai dari pemilihan bahan, cairan pelengkap, hingga alat printer pencetak uang palsu, ia mengaku meniru persis  tayangan di Youtube tersebut.

"Jadi penjelasannya itu saya pelajari, kertasnya pakai ini, cara sablonnya begini di youtube ada semua," terangnya.

Sementara itu, Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim Kompol Oki Ahadian Purwono mengatakan, pelaku mulai beraksi pada September 2019.

Kendati begitu, rencana busuk dan pelaku mempelajari proses pembuatan uang kertas palsu melalui Youtube sejak bulan Januari 2019.

"Baru dua bulan. Cuma untuk berlajar pembuatan uang, niatnya sudah sejak Januari 2019," terang Oki.

Tak pelak pelaku terbilang terampil dalam mencetak uang palsu, dalam kurun waktu dua bulan, uang kertas palsu pecahan Rp 50 Ribu - Rp 100 Ribu sejumlah Rp 630 Juta berhasil dibuat.

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved