Berita Surabaya

PWNU Jatim Siagakan Pasukan Inti Korps Pengawal Kiai, Ini Alasannya

PWNU Jatim mengintruksikan agar GP Ansor, Banser, dan Pagar Nusa (PN) untuk menyiagakan pasukan inti Korps Pengawal Kiai

PWNU Jatim Siagakan Pasukan Inti Korps Pengawal Kiai, Ini Alasannya
Istimewa
Ilustrasi - Banser melakukan apel di GOR Sidoarjo untuk mengamankan jalannya Istighotsah Kubro di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (28/10/2018) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim mengintruksikan agar GP Ansor, Banser, dan Pagar Nusa (PN) untuk menyiagakan pasukan inti Korps Pengawal Kiai. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penolakan kiai-kiai dari NU yang akan melakukan pengajian pasca polemik ceramah Gus Muwafiq yang ditentang salah satu ormas.

"Kami menganggap dinamika Gus Muwafiq ini sudah selesai dengan klarifikasi yang beliau sampaikan. Itu sangat cukup," ucap Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Sokhib, Kamis (5/12/2019).

Kendati demikian, Gus Salam, sapaan akrab KH Abdussalam Sokhib, menghormati jika ada pihak-pihak yang menginginkan melanjutkannya ke rahah hukum.

"Karena kita berada di negara hukum dan setiap warga negara punya hak untuk melimpahkan respon-respon selama itu berada di koridor hukum," lanjutnya.

Namun pihaknya mengingatkan jangan sampai ada tindakan-tindakan yang mencegah atau menghalangi pengajian yang dilakukan oleh Gus Muwafiq dan kiai-kiai NU yang lain, karena hal tersebut adalah pelanggaran hukum.

"Jika ada penghadangan pengajian yang dilakukan oleh kiai-kiai NU maka sudah menjadi tanggung jawab kita semua sebagai kader NU untuk melawan itu," lanjut Pengasuh Ponpes Denanyar Jombang ini.

Pihaknya juga mewanti-wanti terhadap adu domba yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Lakukan hal-hal yang dibutuhkan dengan catatan berkoordinasi dengan pihak aparat namun apabila pihak aparat mungkin kurang cepat maka silakan melakukan hal yang diperlukan selama berada di koridor hukum dan meminta pertimbangan kiai struktural dan kultural NU terlebih dahulu di daerahnya masing-masing," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved