Travel

Kemenperin RI akan Kembangkan IKM Tanggulangin Sidoarjo, Datangkan Buyer dan Wisatawan Mancanegara

Sentra IKM Tanggulangin Sidoarjo menarik perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kemenperin untuk dikembangkan

Kemenperin RI akan Kembangkan IKM Tanggulangin Sidoarjo, Datangkan Buyer dan Wisatawan Mancanegara
wiwit purwanto/surya
Direktur Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih, di sela acara Business Matching IKM Tanggulangin di Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia, Komplek Pasar Wisata Tanggulangin, Sidoarjo, Kamis (5/12/2019) 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sentra Industri  Kecil Menengah (IKM) Tanggulangin Sidoarjo menarik perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI untuk dikembangkan. Potensi wisata IKM dalam hal ini kerajinan kulit, khususnya alas kaki dan barang jadi kulit memiliki peluang besar dikembangkan. 

Selain menarik minat wisatawan yang berkunjung juga menghidupkan perekonomian di kawasan tersebut. Melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, sentra IKM Tanggulangin punya potensi cukup besar dalam menyumbang perekonomian nasional bila dikembangkan secara optimal.

Direktur Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, mengatakan IKM Tanggulangin memiliki potensi dan peluang sangat besar, baik untuk sektor pariwisata maupun IKM-nya sendiri.

"Industri kulit, alas kaki dan barang jadi kulit di Tanggulangin ini merupakan salah satu sektor industri prioritas yang mampu memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian nasional," kata Gati, di sela acara Business Matching IKM Tanggulangin di Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia, Komplek Pasar Wisata Tanggulangin, Sidoarjo, Kamis (5/12/2019)

Dari catatan kata Gati, kinerja ekspor pada sektor ini di periode Januari sampai dengan Oktober 2019 mencapai 4,2 milar dolas AS dengan negara tujuan ekspor utama antara lain Amerika Serikat, Belgia, Jerman, Inggirs, dan Jepang.

Melihat kondisi itu, Gati mengungkapkan, industri kulit, alas kaki dan barang jadi kulit berarti punya potensi besar untuk dikembangkan.

“Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri kulit, alas kaki dan barang jadi kulit," tukasnya.

Menurutnya, adanya IKM Tanggulangin memiliki potensi besar untuk kembangkan, terutama industri kulit ini dikarenakan kekuatan yang dimiliki oleh Indonesia adalah keberagaman dan kreativitas para pelaku usaha. 

"Indonesia memiliki daya saing yang cukup tinggi di pasar domestik dan internasional, satu diantarany seperti sentra IKM di tanggulangin ini," pungkasnya.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved