Bersama Himbara, Kemensos Gelar Rekonsiliasi Nasional Penyaluran Bansos NonTunai PKH 2019

Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan kegiatan Rekonsiliasi Nasional Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai PKH Semester II.

Bersama Himbara, Kemensos Gelar Rekonsiliasi Nasional Penyaluran Bansos NonTunai PKH 2019
Foto:humas kemensos
Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, saat memberi sambutan dalam kegiatan Rekonsiliasi Nasional Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai PKH Semester II di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan kegiatan Rekonsiliasi Nasional Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai PKH Semester II.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan penyaluran dana bantuan pada Program Keluarga Harapan (PKH) dan evaluasinya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Surabaya, Rabu (4/12/2019), dengan berbagai unsur yang terlibat langsung itu, dihadiri Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.

"Kami sangat memberikan perhatian terhadap acara rekonsiliasi karena ini urusan penting yang menyangkut akuntabilitas dan transparansi dalam penyaluran dana bantuan sosial meliputi ketepatan dalam sasaran, jumlah, waktu, guna, mutu dan administrasi," kata Juliari.

Dalam proses penyaluran bantuan PKH terdapat beberapa pihak yang terlibat, yaitu Kementerian Sosial, Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Dinas Sosial Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Setiap level memiliki peran yang strategis untuk berkontribusi pada penyaluran bantuan agar diterima oleh penerima manfaat.

"Melalui kegiatan rekonsiliasi, kita evaluasi apakah proses yang berjalan betul-betul dilakukan oleh masing-masing pihak sesuai dengan perannya", lanjut Juliari.

Rekonsiliasi Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 6 Desember 2019 ini ditujukan untuk mengevaluasi penyaluran dana bansos tahap III dan IV yang telah selesai dilaksanakan sesuai jadwal pada Bulan Juli dan Oktober lalu.

Dari laporan tertulis diketahui bahwa realisasi bansos PKH per 29 November 2019 untuk masing-masing tahapnya yaitu, tahap III jumlah bantuan yang telah disalurkan kepada 9.555.672 KPM dan telah dicairkan sebesar 99,07 persen.

Kemudian tahap IV jumlah bantuan yang telah disalurkan kepada 9.640.823 KPM dan telah dicairkan sebesar 95,82 persen.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved