Berita Surabaya

Ada Soal Ujian Madrasah Bermuatan Paham Radikalisme Ormas Terlarang HTI, Begini Sikap PWNU Jatim

PWNU Jatim meminta Kementerian Agama (Kemenag) serius dalam memberangus radikalisme.

Ada Soal Ujian Madrasah Bermuatan Paham Radikalisme Ormas Terlarang HTI, Begini Sikap PWNU Jatim
Sofyan Arif Candra Sakti/TribunJatim.com
Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Sokhib (Gus Salam), saat memberikan keterangan tentang soal ujian MA di Kediri yang diduga disusupi materi khilafah ormas terlarang HTI. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim meminta Kementerian Agama (Kemenag) serius dalam memberangus radikalisme. Pernyataan ini dilontarkan Wakil Ketua Tanfidziah PWNU Jatim, KH Abdussalam Sokhib, merespon munculnya soal ujian Madrasah Aliyah di Kediri yang diduga bermuatan radikalisme dan khilafah ormas terlarang HTI.

"Tentu kami menyayangkan karena ini insiden sudah berulangkali dan ini harusnya menjadi pelajaran bagi kita semua," ucap Gus Salam, sapaan KH Abdussalam Sokhib, di Kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar Timur Surabaya, Kamis (5/12/2019).

Soal Ujian Madrasah di Kediri Diduga Disusupi Materi Ormas Terlarang HTI, Ini Sikap Kemenag Jatim

Menurut Gus Salam, gerakan radikalisme tidak berhenti dengan bubarnya ormas terlarang HTI. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya pemikiran tentang khilafah, dan bahkan di instansi pemerintah.

"Sumbernya itu siapa, karena yang membuat soal itu ada panduannya dan yang bikin panduan itu siapa. Jangan hanya menyalahkan pembuat soalnya," lanjut Gus Salam.

Karena soal tersebut merupakan soal di Madrasah Aliyah (MA) yang berada dibawah naungan Kemenag, PWNU Jatim meminta agar Kemenag serius menangani kasus ini.

"Jangan hanya wacana memberangus radikalisme. Tapi action, segera deteksi dan melakukan gerakan yang konkret untuk mempersempit gerakan radikalisme ini," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved