Berita Jember

108 Bangunan di 5 Kecamatan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung, BPBD Jember Langsung Kirim Bantuan

Sebanyak 108 bangunan tercatat mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Jember, Rabu (4/12/2019) sore

108 Bangunan di 5 Kecamatan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung, BPBD Jember Langsung Kirim Bantuan
BPBD Jember
Petugas BPBD Jember mengevakuasi pohon roboh di Arjasa akibat terjangan angin puting beliung. Selain merobohkan sejumlah pohon, sekitar 108 bangunan warga juga rusak. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 108 bangunan tercatat mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Jember, Rabu (4/12/2019) sore. Demikian data yang disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember.

Bangunan yang rusak itu terdiri atas rumah, musala, juga warung. Kerusakan mulai dari rusak ringan, sedang, dan berat. Mereka tersebar di Desa Tegalwaru dan Tegalrejo Kecamatan Mayang, Desa Gumuksari dan Ajung Kecamatan Kalisat, Desa Karang Paiton dan Sumberlesung Kecamatan Ledokombo, Desa Bedadung Kecamatan Pakusari, serta Desa Darsono dan Arjasa Kecamatan Arjasa.

"Mulai hari ini kami distribusikan bantuan kepada warga yang terdampak angin puting beliung. Total ada 108 bangunan yang terdampak di lima kecamatan," ujar Plt Kepala BPBD Jember M Satuki kepada Surya, Kamis (5/12/2019).

Bantuan yang diberikan, kata Satuki, antara lain sembako, juga peralatan dapur, kasur, dan selimut. Sementara itu, tim dari BPBD masih menghitung kerugian material secara menyeluruh.

"Seperti kerugian rumah yang roboh, atau rusak berat. Kami masih menghitung nilai kerugiannya. untuk rumah roboh, atau rusak berat nantinya akan kami beri bantuan perbaikan," imbuh Satuki.

Seperti diberitakan, Rabu (4/12/2019) sore terjadi angin puting beliung di Jember.

Angin kencang dan berputar ini melanda lima kecamatan yakni Mayang, Pakusari, Arjasa, Kalisat, dan Ledokombo.

Peristiwa itu menerbangkan genteng rumah warga, merobohkan beberapa bangunan, serta merobohkan pohon.

Angin puting beliung ini merupakan peristiwa yang kesekian kalinya di masa pergantian musim dari kemarau ke musim hujan di Jember.

Dari catatan Surya, terjadi empat kali bencana angin puting beliung sejak bulan Oktober lalu.

Pada bulan Oktober terjadi satu kali di kawasan Kecamatan Sukowono.

Sedangkan angin puting beliung di bulan November, terjadi dua kali, tetapi melanda sejumlah kecamatan dan desa.

Kemudian pada 4 Desember, kembali angin puting beliung melanda lima kecamatan di Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved