Berita Mojokerto

Petugas Damkar Mojokerto Evakuasi Sarang Tawon Ndas di Pemukiman Warga Balongsari

Petugas Pemadaman Kebakaran mengevakuasi sarang tawon ndas di pekarangan rumah warga Desa Balongcok, Kelurahan Balongsari, Kota Mojokerto

Petugas Damkar Mojokerto Evakuasi Sarang Tawon Ndas di Pemukiman Warga Balongsari
mohammad romadoni/surya
Petugas Pemadam Kebakaran Kota Mojokerto menggunakan baju khusus saat memusnahkan sarang tawon ndas atau Vespa affinis di pekarangan rumah warga. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Petugas Pemadaman Kebakaran mengevakuasi sarang tawon ndas di pekarangan rumah warga Desa Balongcok, Kelurahan Balongsari, Kota Mojokerto, Rabu (4/12/2019). Masyarakat sempat dibuat resah karena takut tersengat lebah berukuran jumbo itu.

Keberadaan sarang tawon bernama ilmiah Vespa affinis itu berada di pohon asem di ketinggian 3 meter dengan diameter sarang 20 centimeter dan hanya berjarak 100 meter dari pemukiman.

Abdul Rahman warga setempat mengatakan tawon ndas itu bisa membahayakan warga karena berukuran cukup besar. Ia menemukan sarang tawon Vespa di dekat rumahnya.

Warga khawatir tawon ndas itu bisa membahayakan anak-anak maupun orang dewasa.

"Awalnya tidak tahu kalau tawon itu bisa membahayakan setelah melihat pemberitaan kok bisa menyerang kan bahaya kalau bisa dipindahkan," ujarnya kepada wartawan.

Plt Kepala Damkar Kota Mojokerto, Mansur, mengatakan evakuasi sarang tawon dilakukan sesuai prosedur keamanan memakai baju khusus yang biasanya dipakai untuk pemadaman kebakaran.

Sebanyak tiga petugas Damkar menggunakan tangga lipat untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut.

Mereka menyalakan api membuat asap mengalihkan perhatian untuk mengalihkan perhatian kawanan tawon.

"Sarang tawon dievakuasi ke dalam karung penanganan berjalan aman," jelasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved