Berita Pasuruan

Memasuki Musim Hujan, Perusahaan di Pasuruan Bersihkan Sampah di Sungai Wangi

Aksi sosial ini merupakan dukungan terhadap Program Kali Bersih (Prokasih) yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan.

Memasuki Musim Hujan, Perusahaan di Pasuruan Bersihkan Sampah di Sungai Wangi
surya.co.id/galih lintartika
Karyawan PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi bersama Forpimka Pandaan, dan warga saat kompak membersihkan sampah di Sungai Wangi, Rabu (4/2/2019). 

SURYA.co.id | PASURUAN - Memasuki musim hujan, PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi kompak bersama-sama membersihkan sampah di Sungai Wangi, Rabu (4/12/2019).

Aksi sosial ini merupakan dukungan terhadap Program Kali Bersih (Prokasih) yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan.

“Selama dua hari, dari tanggal 2 dan 3 Desember 2019, karyawan kami bersama aparat desa, Forpimka, dan warga bersih-bersih di Sungai Wangi," kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Harianus menjelaskan, sebagai pihak swasta yang lokasi kedua pabriknya berseberangan dengan aliran Sungai Wangi, pihaknya merasa ikut bertanggung jawab dan perlu melakukan kegiatan ini.

Kata dia, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di sekitar pabrik, sekaligus menjaga silaturahim untuk meningkatkan keakraban dengan warga dengan kompak dan bersama-sama nembersihkan sungai.

"Debit air yang mengalir di Sungai Wangi ini biasanya cukup tinggi. Dengan kondisi sungai yang tidak terlalu lebar dan beban sungai seperti sampah organik maupun non organik yang banyak dapat berpotensi menyebabkan banjir. Ini kami jaga agar tetap terawat," tambah dia.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 wib. Para karyawan memulainya dengan membersihkan area di depan tembok pabrik.

Setelah itu, pembersihan area Sungai Wangi sepanjang lebih dari 500 meter.

Di area sungai, para peserta mengangkat sampah-sampah yang tersangkut dan berpotensi menghambat aliran sungai, seperti ranting kayu, batang kayu, sampah plastik, dan sampah-sampah lain.

“Kami warga Dusun Keceling sangat mendukung dan mengapresiasi dari perusahaan khususnya PT CS2 Pola Sehat dan PT Ultra Prima Abadi . Inisiatif membersihkan aliran sungai ini dampaknya sangat positif sehingga menghindari banjir karena aliran sungai lancar," kata Hidayatulloh, kepala dusun Keceling.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved