Grahadi

Beranda Grahadi

Khofifah Tawarkan Diskon untuk Pembeli Baja Jatim Dalam Skala Besar Saat Misi Dagang di Kaltim

Khofifah Indar Parawansa memberikan penawaran fantastis saat memimpin Misi Dagang Provinsi Jawa Timur di Kalimantan Timur

Khofifah Tawarkan Diskon untuk Pembeli Baja Jatim Dalam Skala Besar Saat Misi Dagang di Kaltim
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memimpin Misi Dagang Provinsi Jawa Timur di Kalimantan Timur, Rabu (4/12/2019). 

SURYA.co.id | BALIKPAPAN - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan penawaran fantastis saat memimpin Misi Dagang Provinsi Jawa Timur di Kalimantan Timur, Rabu (4/12/2019).

Di provinsi yang bakal menjadi Ibu Kota Baru Negara Indonesia tersebut, ia menawarkan diskon besar bagi pelaku usaha yang ingin membeli bahan baku konstruksi Jawa Timur.

Sebagaimana dikatakan mantan Menteri Sosial RI kabinet Kerja Presiden Jokowi tersebut, di tahun-tahun mendatang Provinsi Kalimantan Timur akan sarat dengan pembangunan infrastruktur. Hal ini menjadi potensi Jawa Timur sebagai daerah penghasil baja dan juga semen.

"Hasil industri baja di Jawa Timur itu 70 persen diekspor. Sedangkan konsumsi baja dari Jawa Timur untuk dalam negeri baru 30 persen. Potensi baja Jawa Timur ini mungkin belum terkomunikasikan. Maka melalui Misi Dagang di Kalimantan Timur inilah saya sekalian mengkonfirmasi," kata Khofifah saat membuka langsung Misi Dagang, di Hotel Swiss-Bell, Balikpapan.

Promosi potensi usaha bahan baku bidang konstruksi ini juga yang menjadi landasan sebanyak 20 pelaku usaha Jawa Timur yang dibawa dalam Misi Dagang kali ini adalah mayoritas pengusaha baja dan juga bidang konstruksi.

Sebelum datang ke Balikpapan, Khofifah bahkan sudah berkomunikasi dengan Dirut Pelindo III, Doso Agung. Ia mencoba mencarikan privillege bagi buyer baja dari Kalimantan Timur yang mau membeli baja dari Jawa Timur dalam jumlah besar.

"Hasil dari komunikasi itu, Pelindo III bersedia memberikan privilege berupa diskon. Kalau ada buyer baja yang beli dalam jumlah besar dalam pengiriman kontainer maka bisa dikasih diskon sampai 65 persen," tegas Khofifah lalu disambut riuh para pelaku usaha Kalimantan Timur.

Lebih lanjut Khofifah menyanggupi jika memang ada yang berminat, maka Jawa Timur siap mengadakan pertemuan khusus dengan mempertemukan calon pembeli dari Kalimantan Timur khusus dengan Pelindo III.

Misi Dagang kali ini mempertemukan 20 pedagang asal Jawa Timur dengan 108 pedagang dari Kalimantan Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur ini merupakan upaya fasilitasi dari pemerintah untuk mempertemukan para pelaku usaha dari Jatim dan Kalimantan Timur.

Diharapkan dengan kegiatan ini potensi yang dimiliki Jatim mulai produk perindustrian, perdagangan, potensi perikanan, agribisnis dan peluang investasi bisa disebarluaskan khususnya di Kalimantan Timur.

Gubernur Khofifah Pimpin Misi Dagang Jatim di Kaltim, Baru Dibuka Transaksi Sudah Capai Rp 104 M

Ditargetkan, melalui Misi Dagang di Kaltim ini, transaksi yang tercapai antara pelaku usaha Jawa Timur dan pelaku usaha Kalimantan Timur kali ini bisa lebih dari Rp 500 miliar.

Target ini dipatok cukup tinggi lantaran di Misi Dagang yang dilakukan Jatim dengan Kalimantan Timur terakhir di tahun 2017 menghasilkan transaksi hingga Rp 651 miliar. Sedangkan di tahun 2016 Misi Dagang yang sama mencapai Rp 361,7 miliar.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved