Pilkada 2020

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Kabupaten Kediri Bikin Kampung Anti Money Politic

Bawaslu Kabupaten Kediri telah merintis progam Kampung Anti Money Politic serta pengawasan partisipatif.

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Kabupaten Kediri Bikin Kampung Anti Money Politic
surya.co.id/didik mashudi
Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Ummah, S Ag 

SURYA.co.id | KEDIRI - Bawaslu Kabupaten Kediri telah merintis progam Kampung Anti Money Politic serta pengawasan partisipatif.

Progam kampung binaan ini untuk menyambut gelaran Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Ummah,SAg menjelaskan, pilot proyek Kampung Anti Money Politic ini dilakukan di 10 titik yang tersebar di 5 desa.

"Ada dua desa yang telah mulai dilaksanakan yaitu Desa Doko, Kecamatan Ngasem dan Desa Karanganyar, Kecamatan Wates," ungkap Saidatul Ummah kepada sejumlah awak media, Rabu (4/12/2019).

Selanjutnya progam Kampung Anti Money Politic bakal diperluas di Desa Petok, Kecamatan Mojo, Desa Cerme, Kecamatan Grogol dan Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare.

"Dari setiap desa ada dua komunitas yang terpilih. Yang menentukan komunitas ini pihak desa. Komunitas ini termasuk lingkungan RT, RW atau dusun," jelasnya.

Pihak Bawaslu sendiri bakal melakukan sosialisasi secara intens terhadap 5 desa yang telah terpilih.

"Materinya terkait pengertian politic uang dan pengawasan partisipatif. Diharapkan masyarakat dengan legowo dan rela hati akan tanda tangan untuk melakukan deklarasi dan komitmen," ungkapnya.

Malahan bakal ada pencanangan prasasti komunitas yang melakukan deklarasi bersama Bawaslu sebagan Kampung Anti Politik Uang dan pengawasan partisipatif.

Bawaslu juga berencana melakukan sekolah kader pengawasan partisipatif dengan sasaran organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, pemantau dan komunitas pemerhati pemilu.

Pada sekolah kader, peserta akan dibina untuk ikut membantu proses pengawasan serta yang dilakukan pada pengawasan pelaksanaan pilkada.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved