Grahadi

Beranda Grahadi

Gubernur Khofifah Dorong Terciptanya Inovasi yang Bermanfaat Bagi Percepatan Kesejahteraan Rakyat

Khofifah Indar Parawansa terus mendorong penciptaan inovasi untuk memberikan percepatan layanan yang CETTAR

Gubernur Khofifah Dorong Terciptanya Inovasi yang Bermanfaat Bagi Percepatan Kesejahteraan Rakyat
Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan sambutan pada penyerahan Penghargaan KOVABLIK se-Jatim dan hasil evaluasi SAKIP OPD Tahun 2019, di Hotel Bumi, Surabaya, Selasa (3/12/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terus mendorong penciptaan inovasi untuk  memberikan percepatan layanan yang Cepat-Efektif-Efisien-Tanggap-Transaparan-Responsive (CETTAR) kepada seluruh masyarakat Jatim sehingga mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat.

“Sudah banyak Inovasi yang dilakukan oleh masing-masing OPD di lingkup Pemprov termasuk Bakorwil di dalamnya. Sebetulnya, inovasi ini untuk mendorong agar layanan CETTAR bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Khofifah pada acara Penyerahan Penghargaan SAKIP Perangkat Daerah serta Penganugerahan Hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019, di Hotel Bumi, Surabaya, Selasa (3/12/2019) kemarin.

Khofifah menjelaskan, dalam rangka mendukung berbagai inovasi layanan publik Pemprov Jatim juga telah beberapa kali membuat expo inovasi pelayanan publik.

Hal ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bagaimana efektivitas dan efisiensi layanan yang diberikan oleh seluruh OPD di lingkup Pemprov Jatim maupun kabupaten/kota bisa diketahui dan akhirnya masyarakat dapat memanfaatkan, mengawal sekaligus memonitor sekaligus mengevaluasi.

“Hal ini menunjukkan bagaimana sesungguhnya bentuk two way traffic communication dari masyarakat dan Pemprov Jatim berjalan efektif . Selanjutnya, agar bisa terbangun take and give pada seluruh lini,” terang Khofifah.

Dorongan terciptanya inovasi, lanjut Khofifah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi pada peringatan HUT KORPRI ke-48 bahwa untuk percepatan layanan yang terpenting bukan hanya inovasi tapi juga teknologi.

Untuk itu, pada para pengambil keputusan diharapkan bisa berpikil lateral  tidak hanya berpikir linear. Hal ini penting dilakukan, agar bisa terjadi lompatan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

“Pak Presiden meminta kita tidak hanya bekerja lebih baik dari kemarin, namun juga lebih baik dari negara lain. Karenanya harus ada lompatan, dan kita tidak bisa berpikir hanya linear tapi harus lateral,” tegas Khofifah.

Selain itu, pada upacara HUT PUPR hari ini Presiden Jokowi lewat sambutannya kembali menegaskan terkait kebersambungan antara program pemerintah pusat,  provinsi sampai ke daerah. Termasuk di dalamnya berbagai inovasi pelayanan publik serta penerapan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Akuntansi Pemerintah (SAKIP).

Khofifah menambahkan, baik inovasi layanan publik maupun SAKIP harus tetap terbangun sinergitas baik vertikal maupun horizontal.

Halaman
123
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved