Berita Surabaya

Gagas Kotak Pendingin Ramah Lingkungan, Tim ITS Juara di Korea, Terinspirasi Nelayan Kenjeran 

Sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengusung gagasan kotak pendingin ramah lingkungan bernama ES-PORT.

Gagas Kotak Pendingin Ramah Lingkungan, Tim ITS Juara di Korea, Terinspirasi Nelayan Kenjeran 
foto: humas its
Tim ITS memperoleh penghargaan dalam kompetisi gelaran Seoul International Invention Fair (SIIF) 2019 di Korea pekan lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Teknologi ramah lingkungn telah menjadi isu strategis di kalangan akademisi.

Sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengusung gagasan kotak pendingin ramah lingkungan bernama ES-PORT dalam kompetisi gelaran Seoul International Invention Fair (SIIF) 2019 di Korea pekan lalu.

Tim dari Departemen Teknik Industri ITS berhasil meraih medali emas dan beberapa penghargaan spesial pada gelaran tahunan pameran produk riset yang diikuti 635 inventor dari 30 negara.

Gagasan produk Portable, Practical, and Eco-Friendly Storage (ES-PORT) yang merupakan hasil kolaborasi mahasiswa dan dosen Departemen Teknik Industri ITS ini mendapatkan penghargaan spesial dari tiga instansi.

Yaitu Taiwan Invention Association, Universiti Malaysia Trengganu, dan Patent Office of Cooperation Council for the Arab States of The Guils (GCCPO).

Delegasi ITS yang dibimbing Adithya Sudiarno dan Ratna Sari Dewi tersebut beranggotakan tiga mahasiswa lintas angkatan, Muhammad Adrian Fadhilah, Reza Aulia Akbar, dan Dito Abrar Amanullah.

Adithya Sudiarno, salah satu dosen yang ikut andil dalam perancangan produk tersebut menuturkan Produk ini terinspirasi dari permasalahan para nelayan yang 6 sampai 7 persen hasil tangkapannya sering membusuk sebelum dijual.

"Juga mengacu pada masalah lingkungan yang ditimbulkan oleh media penyimpanan bahan pangan yang masih menggunakan freon (Chlorofluorocarbon),"ujarmya.

Konsep inilah yang menjadikan timnya meraih penghargaan spesial dari GCCPO adalah atas dasar konsep desain 4 in 1 practically.

“Konsep 4 in 1 practically yang pertama yaitu eco design dari produk tersebut yang menggunakan bahan 100 persen Recycled High Density Polyethylene (HDPE),"urainya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved