Berita Surabaya

Fly Over Aloha Masuk Perpres Percepatan Pembangunan, Estimasi Investasi Rp 438 Miliar

Uji kelayakan atau feasibility study (FS) tentang pembangunan jalan layang pun telah dilakukan.

Fly Over Aloha Masuk Perpres Percepatan Pembangunan, Estimasi Investasi Rp 438 Miliar
kontan
Ilustrasi uang 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pembangunan fly over Aloha, Waru, Sidoarjo menjadi salah satu proyek strategis di Peraturan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkartosusila, Bromo-Tengger-Semeru, dan Selingkar Wilis serta Lintas Selatan.

Di dalam peraturan presiden tersebut, disebutkan estimasi investasi untuk pembangunan fly over Aloha sebesar Rp 438 milliar dari sumber APBN.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Ahmad Subkhi mengaku, uji kelayakan atau feasibility study (FS) tentang pembangunan jalan layang pun telah dilakukan.

Bahkan desain untuk pembangunan fly over Aloha pun menurut Subhki telah siap dan tinggal menunggu persetujuan untuk mulai membangun.

“Di sana nanti ada putaran juga berupa fly over (inter change), baik dari arah Sidoarjo ke bandara (Juanda) maupun dari arah Surabaya ke bandara (Juanda), begitupun sebaliknya,” ujar Subkhi, Selasa (3/12/2019).

Subkhi menyebutkan, realisasi proyek ini sangat tergantung pemerintah pusat berdasarkan skala prioritas bersaing dengan proyek di provinsi lainnya.

“Kan ini berdasarkan skala prioritas. Kami punya alokasi itu kan kadang tidak semuanya terpenuhi, terbatas karena kita harus berebut dengan provinsi lain. Mana yang paling penting dulu,” tegasnya.

Namun begitu, Subkhi menilai proyek fly over Aloha penting untuk mengurai kemacetan yang terjadi hampir sepanjang hari.

Beban jalan dianggap tidak lagi mampu menampung volume kendaraan yang melintasi jalur tersebut.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved