Sambang Kampung

Dulu Dicap Kumuh, Kini Kampung Manyar Sabrangan Surabaya Semakin Indah dan Nyaman Dihuni

Kini warga Kampung Manyar Sabrangan bertahap mulai mengubah wajah kampung mereka menjadi lebih asri dan penuh warna.

SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
KREATIF - Suasana yang hijau dan berwarna-warni menghiasi kampung RT 01 Manyar Sabrangan, Surabaya, Senin (2/12/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selama ini, kampung yang berada di bantaran sungai kerap dicap kumuh dan kurang terawat. Kesan ini pun sempat melekat pada Kampung Manyar Sabrangan RT 01 RW 04, Surabaya.

Namun, image tersebut perlahan mulai hilang. Hal ini karena warga secara bertahap mulai mengubah wajah kampung menjadi lebih asri dan penuh warna.

Kini, kampung yang berada di Kecamatan Mulyorejo ini dihiasi tanaman hijau yang tersebar di depan rumah-rumah warga.

Beragam tanaman yang dihadirkan di antaranya yaitu buah-buahan seperti belimbing dan jambu, taman toga seperti sinom dan beragam tanaman bunga yang sudah tampak bermekaran membuat suasana kampung semakin asri.

"Kami mulai berbenah sejak 2016. Awal mulanya, warga diwajibkan setor tanaman, masing-masing dua. Tanaman tersebut kemudian diletakkan di sepanjang kampung," ungkap Mumpuni Sulistyo, ketua RT 01 RW 04, Manyar Sabrangan, Senin (2/12/2019).

Lama-kelamaan, lanjutnya, warga merasa tanaman tersebut membuat kampung lebih indah.

Seiring berjalannya waktu, warga pun mulai menambahkan tanaman secara mandiri.

Selain suasananya yang hijau, kampung tersebut juga semakin menarik berkat hadirnya lukisan yang berwarna-warni di tembok seperti bunga, bumi, kapal dan lain sebagainya.

Atau yang ada pada paving yakni lukisan engkle, huruf alphabet, hingga gambar seperti bentuk segi enam dan karpet terbang, serta beragam lukisan lainnya.

"Kami mulai mengecat kampung sejak 2017. Hal ini agar kampung kelihatan lebih berwarna. Jika dulu dianggap kumuh, maka sekarang bisa tampak menarik," Mumpuni mengatakan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved