Sambang Kampung

Warga Kampung RT 01 RW 04  Manyar Sabrangan Surabaya Sulap Limbah Jadi Kreasi Barang Bernilai

Warga Kampung Manyar Sabrangan, tepatnya RT 01 RW 04, sedang giat mengurangi limbah melalui kegiatan daur ulang.

Warga Kampung RT 01 RW 04  Manyar Sabrangan Surabaya Sulap Limbah Jadi Kreasi Barang Bernilai
surya.co.id/ahamd zaimul haq
PRODUK DAUR ULANG - Kreasi warga RT 01 Manyar Sabrangan dengan produk daur ulangnya di antaranya, baju, aksesori, hingga tanaman dan bunga artifisial. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga Kampung Manyar Sabrangan, tepatnya RT 01 RW 04, sedang giat mengurangi limbah melalui kegiatan daur ulang.

Memasuki pintu masuk kampung, Anda akan langsung disuguhi dengan bunga-bunga artifisial yang terbuat dari plastik kresek berwarna-warni.

Masuk lebih dalam, akan ada beberapa hiasan yang menggantung di atas langit-langit. Hiasan tersebut beraneka ragam bentuk dan terbuat dari botol plastik.

Bukan hanya itu, jika menyusuri rumah-rumah warga yang ada di sana, akan terlihat botol plastik bekas berwarna-warni yang dialihfungsikan menjadi pot berbagai tanaman.

Diletakkan pada dinding, membuat suasana kampung tampak lebih asri.

Tak sampai di situ, Mumpuni Sulistyo, ketua RT 01 RW 04 Manyar Sabrangan, menyampaikan bahwa warganya juga memproduksi busana dari limbah.

"Ada rok, rompi, tempat pensil, kalung, tas, bross, dan lain-lain. Semuanya merupakan hasil dari warga sendiri. Dibuat secara bersama-sama," ungkap Mumpuni.

Beragam produk tersebut diolah dari berbagai sampah yang tidak terpakai. Mulai dari kain perca, kresek, botol bekas, dan sebagainya.

Seperti rok rumbai berwarna-warni yang terbuat dari limbah kresek. Atau tas yang terbuat dari kain-kain perca yang tak lagi dipakai.

Ada juga topi yang berhias bunga mawar dari plastik bekas.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved