Single Focus

DP5A Surabaya: Gandeng BNN Rutin Datangi Sekolah untuk Perangi Narkoba

Penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya (narkoba) kini masih menjadi momok masyarakat.

DP5A Surabaya: Gandeng BNN Rutin Datangi Sekolah untuk Perangi Narkoba
surya.co.id/christine ayu nurchayanti
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya Chandra Oratmangun. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya (narkoba) kini masih menjadi momok masyarakat.

Tak hanya orang dewasa, beberapa kasus diketahui keterlibatan remaja dalam menyalahgunakannya.

Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, giat melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada anak dan remaja.

Menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya, pihaknya secara rutin datang dari sekolah ke sekolah.

Chandra Oratmangun, kepala DP5A menyampaikan, dalam setahun setidaknya ada 250 sekolah yang didatangi.

"Kami sering melakukan sosialisasi di sekolah SD dan SMP, namanya Sosialisasi Dinamika Remaja. Kami juga turut mengajak pihak dari BNN dan psikolog," ugkapnya.

Lanjut Chandra, terdapat beberapa sekolah yang diprioritaskan. Seperti sekolah yang siswanya sempat diamankan oleh pihak satpol PP.

"Tidak hanya yang terlibat narkoba, melainkan juga yang melakukan tindakan yang lain, seperti bolos sekolah, tawuran, dan sebagainya. Anak-anak tersebut kami data sehingga diketahui asal sekolahnya. Nah, dari sini sekolah akan kami berikan internevensi," kata Chandra.

Setelah sosialisasi itu, ia melanjutnya, psikolog bisa melihat lebih dalam kondisi yang dialami oleh remaja tersebut sehingga dapat dilakukan langkah selanjutnya, yakni home visit.

"Kepada kami, anak-anak juga akan bercerita. Dari situ kami datangi rumah mereka untuk melibatkan orangtua. Dengan demikian bisa ditemukan faktor mereka melakukan tindakan tersebut, seperti memang kurang perhatian dari orang tua dan sebagainya," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved