Berita Jember

Bupati Jember Minta Peternak Mampu Penuhi Kebutuhan Warga Jember & Menembus Pasar Ekspor

membangun dunia peternakan itu tidak bisa sendiri, para peternak juga tidak bisa dibiarkan sendiri, harus berbarengan dengan banyak pihak

Bupati Jember Minta Peternak Mampu Penuhi Kebutuhan Warga Jember & Menembus Pasar Ekspor
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik

SURYA.co.id | JEMBER - Peternak di Kabupaten Jember diharapkan mampu memenuhi kebutuhan warga Jember terhadap pangan hasil peternakan.

Hal ini ditegaskan oleh Bupati Jember, Faida, saat berpidato di acara Kongres dan Temu Usaha Peternakan Jember di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Senin (2/12/2019).

Pemkab Jember memilih tema 'implementasi usaha peternakan dari hulu sampai hilir dalam mendukung kemandirian pangan' di acara kongres dan temu usaha peternakan Jember tersebut.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Kongres Dunia Peternakan Jember tahun 2019.

Kongres dan temu usaha peternakan Jember itu diikuti oleh ratusan orang peternak, mahasiswa dari perguruan tinggi di Jember, sekolah peternakan rakyat Jember, praktisi, akademisi, juga peternak yang mengolah hasil peternakan mereka menjadi produk UMKM, dan pelaku bisnis di usaha olahan hasil peternakan.

Kegiatan kongres dan temu usaha peternakan itu juga melibatkan pihak asuransi.

"Karena membangun dunia peternakan itu tidak bisa sendiri, para peternak juga tidak bisa dibiarkan sendiri, harus berbarengan dengan banyak pihak untuk membangun dunia peternakan Kabupaten Jember," tegas Bupati Faida.

Apalagi kongres dan temu usaha peternakan itu memiliki tiga tujuan, seperti diungkapkan oleh Bupati Faida.

"Ada tiga tujuan, yakni, pertama bagaimana peternak Jember mampu memenuhi kebutuhan warga Jember akan hasil peternakan. Kedua, hasil peternakan Jember memenuhi kebutuhan warga sekitar Kabupaten Jember. Ketiga, hasil peternakan Jember bisa diekspor. Inilah yang disebut kemandirian pangan. Untuk mewujudkan itu, tentunya peternak tidak bisa sendiri. Pelaku usaha yang mengolah hasil peternakan juga tidak bisa sendiri," tegas Faida.

Untuk memenuhi kebutuhan warga Jember akan hasil peternakan, lanjut Faida, peternak harus berkolaborasi. Kolaborasi itu antara lain mulai dari proses pembibitan hewan ternak, proses produksi (pakan dan pemeliharaan), hingga paska panen.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved