Berita Pasuruan

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Pesan Aminurokhman Untuk Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Aminurokhman mengingatkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan ada lima gejala yang harus diselesaikan, yaitu

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Pesan Aminurokhman Untuk Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa
SURYA.co.id/Galih Lintartika
Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, Aminurokhman saat memberikan materi sosialisasi empat pilar kebangsaan di Palm Resto, Kota Pasuruan, Sabtu (30/11/2019). 

SURYA.co.id | PASURUAN - Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, Aminurokhman mengingatkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan ada lima gejala yang harus diselesaikan.

Hal itu disampaikan mantan Wali Kota Pasuruan dua periode ini saat memberikan materi sosialisasi empat pilar kebangsaan di Palm Resto, Kota Pasuruan, Sabtu (30/11/2019) kemarin.

Menurut Aminurokhman, Indonesia hari ini sedang menghadapi tantangan yang cukup serius untuk segera diselesaikan.

Disebut serius, karena menyangkut eksistensi Indonesia sebagai sebuah bangsa dan Negara.

“Berdasarkan gejala yang berkembang di masyarakat, setidaknya ada lima masalah yang menuntut segera diselesaikan”, tutur Aminurokhman.

Pertama, tuntutan untuk memisahkan diri dari konsep NKRI, seperti yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua dan Papua Barat.

Kedua, maraknya gerakan radikalisme dan terorisme yang mengusung ideologi kanan (khilafah) dan ideologi kiri (komunis).

Ketiga, munculnya gerakan makar untuk mendistorsi keabsahan sebuah proses demokrasi.

Keempat, propaganda massif tentang “Pancasila Bersyari’ah” yang digaungkan oleh sejumlah ormas.

Kelima, kata dia, munculnya tindakan-tindakan intoleran dan saling curiga sesama anak bangsa yang dilakukan oleh kelompok tertentu untuk tujuan “penyeragaman”, jelas Aminurokhman.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) adalah salah satu cara untuk memperkuat komitmen nasionalisme bagi seluruh warga Indonesia agar lebih mencintai negaranya dan bangsanya.

“Seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung-jawab yang sama untuk Pancasila dan NKRI adalah Bentuk Final Kehidupan Berbangsa dan Bernegara," tutupnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved