Sebelum Dapat Kartu Pra Kerja, Pengantin Baru Wajib Ikut Sertifikasi Nikah, Berikut isi Materinya

Sebelum Dapat Kartu Pra Kerja, Pengantin Baru Wajib Ikut Sertifikasi Nikah, Berikut isi Materi Bimbingannya

Sebelum Dapat Kartu Pra Kerja, Pengantin Baru Wajib Ikut Sertifikasi Nikah, Berikut isi Materinya
Kolase Kompas.com dan The Independent
Ilustrasi: Sebelum Dapat Kartu Pra Kerja, Pengantin Baru Wajib Ikut Sertifikasi Nikah, Berikut isi Materinya 

SURYA.co.id - Salah satu penerima kartu Pra Kerja berisi saldo maksimal Rp 7,650 juta pada Maret 2020 mendatang adalah pengantin baru kategori miskin.

Tapi sebelum mendapat kartu Pra Kerja, pemerintah nantinya mewajibkan pengantin baru tersebut untuk mengikuti program sertifikasi nikah

Setelah calon pengantin menyelesaikan bimbingan nikah selama tiga bulan, mereka yang tidak mempunyai sumber penghasilan diperkenankan memiliki kartu Pra Kerja.

Lantas, seperti apa isi materi bimbingan dalam program sertifikasi nikah itu?

Seperti diketahui, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) berencana mencanangkan program sertifikasi nikah melalui bimbingan pranikah

Bagi yang lulus bimbingan, maka ia berhak mendapatkannya dan bisa menikah

Melansir dari Kompas.com dalam artikel 'Hal yang Harus Diketahui soal Sertifikasi Perkawinan dan Pro Kontra-nya', Menko PMK Muhadjir Effendy sempat membeberkan beberapa isi materi dari bimbingan nikah

Menko PMK menyebutkan, dalam bimbingan pranikah tersebut, pasangan yang akan menikah akan dibekali pengetahuan seputar kesehatan alat reproduksi, penyakit-penyakit yang berbahaya yang mungkin terjadi pada pasangan suami istri dan anak, hingga masalah stunting.

"Untuk memastikan bahwa dia memang sudah cukup menguasai bidang-bidang pengetahuan yang harus dimiliki itu harus diberikan sertifikat," ujar Muhadjir.

Kelas bimbingan untuk setiap calon suami istri hingga akhirnya mendapat sertifikat rencananya akan dilaksanakan selama tiga bulan.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved